Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik film Di
Bawah Lindungan Ka’bah Karya Haji Abdul Malik Karim Amrullah; (2) nilai
akidah film Di Bawah Lindungan Ka’bah Karya Haji Abdul Malik Karim
Amrullah; dan (3) skenario pembelajaran analisis film Di Bawah Lindungan
Ka’bah Karya Haji Abdul Malik Karim Amrullah.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini
adalah film Di Bawah Lindungan Ka’bah Karya Haji Abdul Malik Karim Amrullah
dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Penelitian ini difokuskan pada
nilai akidah dalam film Di Bawah Lindungan Ka’bah Karya Haji Abdul Malik
Karim Amrullah dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Data penelitian
ini berupa data lunak yang berwujud dialog yang terdapat dalam film. Sumber data
dalam penelitian ini adalah film Di Bawah Lindungan Ka’bah. Instrumen penelitian
dalam penelitian ini adalah penulis sendiri dan kartu data. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik simak dan teknik catat. Dalam analisis data,
digunakan metode analisis isi. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal.
Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) tema film Di Bawah Lindungan
Ka’bah adalah keyakinan dan cinta. Tokoh utamanya adalah Hamid dan tokoh
tambahannya adalah Zainab, Rosna, Saleh, Emak Asiah, Emak Hamid, Engku
Ja’far, dan Engku Rustam. Alurnya adalah alur maju. Latar tempatnya adalah
Padang Sumatera. Latar waktunya adalah pagi, siang, sore, malam, dan tahun. Latar
suasana yang digunakan adalah suasana menyenangkan, menegangkan, dan
menyedihkan. Amanat yang terkandung adalah manusia boleh berencana, Allah
yang menentukan; (2) nilai akidah yang ditemukan adalah (a) iman kepada Allah;
(b) iman kepada malaikat-malaikat; (c) iman kepada kitab Allah; (d) iman kepada
nabi dan rasul; (e) iman kepada hari kiamat; dan (f) iman kepada qada dan qadar;
dan (3) skenario pembelajaran film Di Bawah Lindungan Ka’bah di kelas XI SMA
dapat diterapkan dalam pembelajaran analisis film/drama untuk kelas XI SMA,
yakni pada kompetensi dasar 3.3 (menganalisis teks film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan) dan 4.4 (menginterpretasi makna teks film/drama baik melalui
lisan maupun tulisan) dengan metode pembelajaran kooperatif diskusi berbasis
saintifik.