Abstract:
strategis dan disposisi produktif siswa dengan menggunakan metode pembelajaran
Spontaneous Group Discussion. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri
33 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini
menggunakan metode pembelajaran Spontaneous Group Discussion dengan
diskusi kelompok yang dibentuk secara spontan yang pelaksanaannya dilakukan
dengan berhitung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan
dianalisis secara kuantitatif dan dideskriptifkan secara kualitatif (narasi).
Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa metode pembelajaran
Spontaneous Group Discussion dapat meningkatkan disposisi produktif siswa.
Sehingga siswa lebih antusias dan inisiatif dalam pembelajaran matematika. Siswa
juga sudah mengerjakan latihan secara baik, mampu mempresentasikan hasil
diskusinya, sudah memperhatikan hasil diskusi teman, dan penjelasan materi yang
disampaikan guru. Hasil tersebut didukung dengan data kuantitatif yang
menunjukkan bahwa rerata presentase disposisi produktif siswa berdasarkan
observasi pada siklus I sebesar 67,64% meningkat pada siklus II menjadi 78,95%
dengan kategori baik. Dengan disposisi produktif siswa yang baik kompetensi
strategis siswa juga mengalami peningkatan dengan rerata pada siklus I sebesar
56,23% dan meningkat menjadi 73,73% pada siklus II. Sehingga dari hasil
peningkatan tersebut tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya.