Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur instrinsik dalam novel Faith and the City; (2) nilai moral dalam tokoh utama novel Faith and the City; (3) rencana pelakasanaan pembelajaran unsur intrinsik dan nilai moral tokoh utama novel Faith and the City di kelas XII SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai moral dalam tokoh utama novel Faith and the City. Datanya berupa kutipan-kutipan yang merujuk pada unsur intrinsik dan nilai moral. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik catat. Instrumen penelitian ini adalah penulis yang dibantu dengan kertas pencatat data. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur instrinsik dalam novel Faith and the City sebagai berikut: (a) tema mayor novel ini adalah perjuangan Hanum untuk menggapai cita-citanya, sedangkan tema minor novel ini yaitu perbedaan pendapat, persahabatan, dan rating dan share; (b) tokoh utama dan penokohan novel ini, yakni Hanum: gigih, pandai, berbakti kepada suami, dan pencemburu. Tokoh tambahan dan penokohannya, yaitu romantis dan sabar, Andy Cooper: pemarah dan sombong, Azima Husein: lemah lembut dan teguh, Philipus Brown: dermawan; (c) alur novel ini adalah alur maju; (d) latar novel ini terdiri dari latar tempat (bandara JFK New York, apartemen 66th Street, Holly Room, balkon kantor GNTV, perpustakaan, dan kedai Turkish Halal Guy), latar waktu (pagi hari, siang hari, dan malam hari), dan latar sosial (kebiasaan, pandangan hidup tokoh, dan keyakinan); (e) sudut pandang novel ini adalah sudut pandang persona ketiga mahatahu karena pengarang menyebut menyebut nama tokoh dan menggunakan kata ganti “ia”serta menceritakan tokoh lain secara detail; (f) amanat novel ini adalah berbaktilah kepada suami, (2) Nilai moral dalam novel Faith and the City Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra, yaitu: (a) hubungan manusia dengan Tuhan yang meliputi salat, bersyukur, dan berhijab; (b) hubungan manusia dengan manusia meliputi berbakti kepada suami, tolong menolong, dan persahabatan; (c) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi jujur, pantang menyerah, sabar, kreatif, dan memiliki cita-cita; (d) hubungan manusia dengan alam sekitar yaitu menyukai taman, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Faith and the City di kelas XII SMA meliputi tahap awal, inti, dan akhir. Pada tahap awal pendidik mengondisikan peserta didik agar siap menerima pelajaran. Pada tahap inti pendidik menyuruh peserta didik untuk mendiskusikan unsur intrinsik dan nilai moral dan menyampaikan hasil diskusinya. Pada tahap penutup Pendidik dan Peserta didik merefleksikan materi pembelajaran.