Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA DIALOG FILM CINTA SUCI ZAHRANA SUTRADARA CHAERUL UMAM, RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MENYIMAK DAN BERBICARA, DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Khalimah, Nur
dc.date.accessioned 2018-02-09T08:58:24Z
dc.date.available 2018-02-09T08:58:24Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1900
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) jenis dan fungsi tindak tutur direktif; (2) relevansi tindak tutur direktif dalam dialog film Cinta Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umamdengan pembelajaran menyimak dan berbicara pada siswa kelas XI semester 2 SMA, dan (3) skenario pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara dengan media film Cinta Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umam di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah film Cinta Suci Zahrana. Objek penelitian ini berupa tindak tutur direktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri dibantu dengan alat pencatat data. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode padan. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) tindak tutur direktif pada film Cinta Suci Zahrana sutradara Chaerul Umam terdiri dari: (a) jenis permintaan antara lain: fungsi meminta, fungsi memohon, fungsi berdoa, fungsi menekan, dan fungsi mengajak, (b) jenis pertanyaan antara lain: fungsi bertanya dan fungsi menginterogasi (c) jenis perintah antara lain: fungsi menghendaki dan fungsi mengarahkan, (d) jenis larangan antara lain: fungsi melarang dan fungsi membatasi, (e) jenis pemberian izin antara lain: fungsi menyetujui, fungsi membolehkan, dan fungsi menganugerahi, dan (f) jenis nasihat antara lain: fungsi menasihati, fungsi menyarankan, dan fungsi mengkonseling; (2) relevansi antara tindak tutur direktif pada film Cinta Suci Zahrana dengan pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara di SMA meliputi (a) keterampilan menyimak: peserta didik mampu memahami tuturan langsung dan tidak langsung, (b) keterampilan berbicara: peserta didik mampu berbicara dengan tepat dan santun sesuai dengan konteks; (3) Skenario pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara dengan media film Cinta Suci Zahranadi kelas XI SMA dilaksanakan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Langkah-langkah pembelajarannya: (a) pendidik menyampaikan materi, (b) pendidik menyediakan film Cinta Suci Zahrana untuk disaksikan kepada peserta didik; (c) peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis tindak tutur direktif, (d)pendidik meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain diminta untuk menanggapi, (e) pendidik memberikan penguatan, kesimpulan bersama,dan evaluasi. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Tindak tutur direktif, film Cinta Suci Zahrana, skenario pembelajaran. en_US
dc.title TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA DIALOG FILM CINTA SUCI ZAHRANA SUTRADARA CHAERUL UMAM, RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MENYIMAK DAN BERBICARA, DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account