dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) jenis dan fungsi
tindak tutur direktif; (2) relevansi tindak tutur direktif dalam dialog film Cinta
Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umamdengan pembelajaran menyimak dan
berbicara pada siswa kelas XI semester 2 SMA, dan (3) skenario pembelajaran
keterampilan menyimak dan berbicara dengan media film Cinta Suci Zahrana
Sutradara Chaerul Umam di kelas XI SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
penelitian ini adalah film Cinta Suci Zahrana. Objek penelitian ini berupa tindak
tutur direktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak
bebas libat cakap dan teknik catat. Instrumen yang digunakan adalah peneliti
sendiri dibantu dengan alat pencatat data. Metode yang digunakan untuk
menganalisis data adalah metode padan. Hasil analisis data disajikan dengan
teknik informal.
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) tindak tutur direktif pada film
Cinta Suci Zahrana sutradara Chaerul Umam terdiri dari: (a) jenis permintaan
antara lain: fungsi meminta, fungsi memohon, fungsi berdoa, fungsi menekan, dan
fungsi mengajak, (b) jenis pertanyaan antara lain: fungsi bertanya dan fungsi
menginterogasi (c) jenis perintah antara lain: fungsi menghendaki dan fungsi
mengarahkan, (d) jenis larangan antara lain: fungsi melarang dan fungsi
membatasi, (e) jenis pemberian izin antara lain: fungsi menyetujui, fungsi
membolehkan, dan fungsi menganugerahi, dan (f) jenis nasihat antara lain: fungsi
menasihati, fungsi menyarankan, dan fungsi mengkonseling; (2) relevansi antara
tindak tutur direktif pada film Cinta Suci Zahrana dengan pembelajaran
keterampilan menyimak dan berbicara di SMA meliputi (a) keterampilan
menyimak: peserta didik mampu memahami tuturan langsung dan tidak langsung,
(b) keterampilan berbicara: peserta didik mampu berbicara dengan tepat dan
santun sesuai dengan konteks; (3) Skenario pembelajaran keterampilan menyimak
dan berbicara dengan media film Cinta Suci Zahranadi kelas XI SMA
dilaksanakan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Langkah-langkah
pembelajarannya: (a) pendidik menyampaikan materi, (b) pendidik menyediakan
film Cinta Suci Zahrana untuk disaksikan kepada peserta didik; (c) peserta didik
mengidentifikasi dan menganalisis tindak tutur direktif, (d)pendidik meminta
peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain diminta
untuk menanggapi, (e) pendidik memberikan penguatan, kesimpulan bersama,dan
evaluasi. |
en_US |