Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA NOVEL KEMBARA KARYA PRADANA BOY ZTF DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Manggali, Inggar Rahmi
dc.date.accessioned 2018-02-09T09:37:15Z
dc.date.available 2018-02-09T09:37:15Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1905
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Kembara, (2) nilai pendidikan karakter Kembara, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Kembara Karya Pradana Boy ZTF di kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel novel Kembara karya Pradana Boy ZTF. Objek penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter novel Kembara dan rencana pelaksanaan pembelajarannya dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA. Fokus penelitian ini, yaitu: unsur intrinsik (tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, amanat), nilai pendidikan karakter, dan rencana pelaksanaan pembelajarannya dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, baca, dan catat. Instrumen penelitian ini menggunakan kartu pencatat data. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel Kembara, meliputi tema: keteguhan seorang pemuda bernama Fatih dalam pencarian jati diri, perjuangan dalam kehidupan, dan perjalanan tentang cintanya; tokoh utama: Fatih dan Amra; tokoh tambahan: Orang tua Fatih, Rahman, Joko, Kiai Kamil, Haji Rasyid, Hambali, Rendy, Avis, Romy, Dita, dan Zuhdi; alur: maju; latar: waktu, tempat, sosial; sudut pandang: orang ketiga sebagai pencerita terbatas; amanat: harus berpikir ke depan, (2) nilai pendidikan karakter novel Kembara meliputi: a) religius: salat, mengaji, khataman, pelantun azan, berdoa, dan bersyukur; b) cinta damai: rukun; c) toleransi: toleransi terhadap agama; d) kerja keras: berjuang dan pantang menyerah; e) komunikatif: berkenalan dan suka bercerita; f) gemar membaca: membaca buku ilmu dan membaca novel; g) kreatif: merangkai kata; h) disiplin: tekun dalam usaha; i) mandiri: meninggalkan dunia anak dan hidup mandiri; j) rasa ingin tahu: penasaran; k) tanggung jawab: tanggung jawab terhadap pekerjaannya, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Kembara Karya Abidah El Khalieqy menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik novel Indonesia. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu tertulis dengan menggunakan tes esai. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject nilai pendidikan karakter, Kembara, RPP en_US
dc.title ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA NOVEL KEMBARA KARYA PRADANA BOY ZTF DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account