Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS MAJAS DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Arisman, Mei
dc.date.accessioned 2018-02-10T01:16:20Z
dc.date.available 2018-02-10T01:16:20Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1906
dc.description.abstract Masalah yang dibahas antara lain mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik dalam novel Ayah, (2) majas dalam novel Ayah, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dalam novel Ayah di Kelas XI SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik dalam novel Ayah karya Andrea Hirata, (2)majas dan fungsinya dalam novel Ayah karya Andrea Hirata, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah analisis majas yang terdapat dalam novel Ayah karya Andrea Hirata. Fokus penelitian ini pada unsur intrinsik, majas serta fungsinya dalam novel Ayah karya Andrea Hirata dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan kartu pencatat data. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini dengan membaca ulang. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara analisis isi. Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Ayah karya Andrea Hirata, mencangkup lima aspek, yaitu tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, dan sudut pandang (2) majas dan fungsinya yang digunakan dalam novel Ayah karya Andrea Hirata yaitu: (a) majas perbandingan (majas hiperbola, majas metonomia, majas personifikasi, majas perumpamaan, majas metafora, majas alusio, majas eufemisme, dan majas simbolik), (b) majas perulangan (majas antanaklasis, majas aliterasi, majas repetisi, dan majas retoris), (c) majas sindiran (majas ironi, majas antifrasis, majas satire, sinisme, dan majas sarkasme), (d) majas pertentangan (majas litotes, majas paradoks, majas antithesis, dan majas oksimoron), majas berfungsi untuk membangkitkan seni kata, seni bahasa dalam suatu perkataan maupun dalam bentuk tulisan dan membuat kata serta bahasa menjadi lebih menarik, (3) rencana pelaksanaan pembelajarannya dikelas XI SMA dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Metode pembelajaran yang digunakan: metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu tertulis dengan menggunakan tes esai. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Unsur Intrinsik, Majas, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS MAJAS DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account