Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGANMODEL PEMBELAJARANTHINKTALKWRITEPADASISWA KELASVIII H SMP NEGERI 2 NUSAWUNGU TAHUN AJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Sukarti
dc.date.accessioned 2018-02-10T01:27:16Z
dc.date.available 2018-02-10T01:27:16Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1908
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran model think talk write dalam menulis puisi pada peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 2 Nusawungu, (2) pengaruh pembelajaran menulis puisi dengan model pembelajaran think talk write pada peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 2 Nusawungu, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaan think talk write kelas VIII H SMP Negeri 2 Nusawungu Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nusawungu. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa pedoman observasi, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, sedangkan dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) proses pembelajaran prasiklus siswa menulis puisi dengan tema bebas tanpa menggunakan model pembelajan think talk write. Pada siklus I,II pembelajaran mulai menggunakan model pembelajaran think talk write melalui film, selanjutnya siswa dapat menemukan kata-kata yang dapat dibuat menjadi sebuah puisi. Siklus II merupakan perbaikan dari siklus I, Proses pembelajaran pada siklus ini, telah berjalan dengan lancar seperti yang diingikan oleh guru. Kegiatan pembelajaran prasiklus, siklus I, dan siklus II sama-sama melaksanakan empat tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi; (2) pengaruh pembelajaranthink tlak write terhadap siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan dalam hal keatifan siswa merespon, bertanya, menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru. Hasil observasi pada prasiklus meningkat dengan presentase rata-rata sebesar 27,27%, pada siklus I dengan presentase sebesar 36% dan pada siklus II meningkat dengan presentase rata-rata 69,7%; (3) peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Nusawungu dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II.Nilai rata-rata pada prasiklus hanya 62,81, pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 70,42. Hasil prasiklus sampai siklus I mengalami peningkatan sebesar 2,7. Selanjutnya, pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 79,21dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar5,39. Jadi, total peningkatan dari prasiklus sampai siklus II adalah 8,13 Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran think talk writedalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Nusawungu. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject keterampilan menulis puisi, model pembelajaran think talk write en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGANMODEL PEMBELAJARANTHINKTALKWRITEPADASISWA KELASVIII H SMP NEGERI 2 NUSAWUNGU TAHUN AJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account