Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ASPEK SOSIOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA NOVEL KHUTBAH DI BAWAH LEMBAH KARYA S. JAI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Santoso, Agus
dc.date.accessioned 2018-02-10T01:32:49Z
dc.date.available 2018-02-10T01:32:49Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1910
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik novel Khutbah di Bawah Lembah KaryaS. Jai; (2) aspek sosiologi sastra dalam novel Khutbah di Bawah Lembah KaryaS. Jai; dan (3) skenario pembelajaran dengan materi aspek sosiologi sastra novel Khutbah di Bawah Lembah Karya S. Jai di kelas XI SMA. Objek penelitian iniadalah unsur intrinsik dan aspek sosiologi sastra novel Khutbah di Bawah Lembah Karya S. Jai, dengan fokus penelitian aspek sosiologi sastra meliputi aspek kekerabatan, aspek cinta kasih, aspek moral, aspek religidan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil Analisis data disajikan dengan metode informal. Dari hasil penelitian terbukti bahwa (1) unsur intriksik dalam novel Khutbah di Bawah Lembah Karya S. Jaimeliputi tema, yang terbagi menjadi dua macam meliputi (a) tema mayor yaitu perjuangan wanita; (b) tema minor yaitu keluarga miskin dan seorang ayah yang sakit-sakitan; (c) tokoh dan penokohan, tokoh utama perempuan, yaitu Laillatus Sa’diyah (Mendut), tokoh laki-laki yaitu Man Sapar, dan beberapa tokoh lainnya yang dapat mendukung cerita; alur meliputi tahapan penyituasian, kemunculan konflik, peningkatan konflik, klimaks dan penyelesaian, dan suspense; latar yang meliputi latar tempat, waktu, dan sosial; (2) aspek sosiologi sastra dalam novel Khutbah di Bawah Lembah Karya S. Jai meliputi (a) aspek kekerabatan (orang tua dengan anak); (b) aspek religi (salat, bersyukur, berdoa, berserah diri kepada Allah); (c) aspek cinta kasih (cinta kasih orang tua kepada anak, cinta kasih kepada lawan jenis); (d) aspek moral (percaya diri, menerima takdir); (3) skenario pembelajaran aspek sosiologi sastra dalam novel Khutbah di Bawah Lembah Karya S. Jai di kelas XI SMA terdiri dari menyampaikan materi tentang unsur intrinsik novel dan aspek sosiologi yang terdapat dalam karya sastra; membaca novel Khutbah di Bawah Lembah Karya S. Jai, mengidentifikasi dan menganalisis unsur intriksik dan aspek sosiologi sastra dalam novel Khutbah di Bawah Lembah Karya S. Jai secara berkelompok; membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hasil diskusi setiap kelompok dengan kelompok lain; memberikan kesempatan peserta didik untuk melaporkan hasil pekerjaan, dan melakukan evaluasi pembelajaran en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Unsur Intrinsik, Aspek Sosiologi Sastra, dan Skenario Pembelajaran en_US
dc.title ASPEK SOSIOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA NOVEL KHUTBAH DI BAWAH LEMBAH KARYA S. JAI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account