Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA NOVEL KUBAH DI ATAS PASIR KARYA ZHAENAL FANANI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Karisma, Riris
dc.date.accessioned 2018-02-10T01:38:40Z
dc.date.available 2018-02-10T01:38:40Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1912
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini yaitu, mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel, (2) aspek-aspek sosiologi sastra tokoh utama novel Kubah di Atas Pasir Karya Zhaenal Fanani, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas XII SMA. Sumber penelitian yaitu, novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani. objek penelitian ini yaitu, sosiologi novel. Fokus penelitian pada unsur intrinsik novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani dan aspek-aspek sosiologi sastra tokoh utama novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani. Dalam pengumpulan digunakan teknik pustaka. Teknik analisis data digunakan teknik analisis isi. Dalam penyajian data digunakan teknik informal. Instrumen pe-nelitian adalah peneliti dengan dibantu kartu pencatat data dan alat tulis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani terdiri dari: (a) tema: kegigihan seorang wanita dalam mengembangkan pendidikan, (b) alur: campuran, (c) tokoh dan penokohan dibagi atas tokoh utama, yaitu: Fatikha dan tokoh tambahan, antara lain: Mahali, Hiram, Pak Karim, Ngadirejo, Ngadrim, Ngartidjo, dan Mat Halil, (d) latar terdiri dari: tempat meliputi: Desa Ngurawan, Yayasan Yatim piatu Ar-Rahmah ; latar waktu antara lain: siang hari, malam, sore, minggu pagi; latar suasana meliputi: kebahagiaan, kecemasan, ketegangan, dan keharuan, (e) sudut pandang: orang ketiga serba tahu; (2) aspek soiologi sastra antara lain: (a) aspek kekerabatan, hubungan baik Fatikha terjalin dengan Ngadrim, dan hubungan yang tidak baik timbul saat bersama Ngadirejo, (b) pendidikan, formal dan non formal yang didapat oleh Fatikha yaitu, bangku sekolah dasar dan pondok pesantren, (c) kepercayaan, terlihat dari hubungan religius Fatikha yang ditunjukkan dengan ibadah shalat dan berdoa kepada Allah Swt, (d) cinta kasih, diwujudkan dengan sikap sayang Fatikha kepada Mahali (e) moralitas, dicerminkan dengan sikap Fatikha yang menolak kedatangan Ngadrim dan (f) perekonomian, Fatikha tergolong ekonomi menengah ke bawah; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan acuan kurikulum 2013, KD 3.1 berpasangan dengan 4.1 menginterpretasi makna teks novel baik melalui lisan maupun tulisan. Metode pembelajaran diskusi dengan model Think Pair Share (TPS) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu, (a) berpikir (thinking), Guru mengajukan suatu pertanyaan yang dikaitkan dengan pelajaran, dan meminta siswa untuk berpikir sendiri jawaban atau masalah, (b) berpasangan (pairing), guru meminta siswa berpasangan dan mendiskusikan apa yang telah mereka peroleh. Dalam diskusi terjadi penyatuan pendapat dan waktu yang diberikan oleh guru dalam tahap ini lima atau tujuh menit, (c) berbagi (sharing), siswa menyampaikan hasil diskusi kepada teman-temannya. Penilaian yang digunakan dengan metode tes lisan dan tes tertulis. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject sosiologi sastra, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran en_US
dc.title KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA NOVEL KUBAH DI ATAS PASIR KARYA ZHAENAL FANANI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account