Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL KUBAH DI ATAS PASIR KARYA ZHAENAL FANANI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Septiana, Siska
dc.date.accessioned 2018-02-10T01:41:01Z
dc.date.available 2018-02-10T01:41:01Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1913
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani; (2) nilai pendidikan karakter dalam novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novelKubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani.Objek penelitian ini berupa nilai pendidikan karakter novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani. Fokus penelitian meliputi unsur intrinsik berupa tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, amanat, serta nilai pendidikan karakter dalam novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis). Teknik penyajian data dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Kubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani, yaitu (a) tema: perjuangan seorang ibu yang menghidupi anaknya seorang diri demi mendapatkan pendidikan yang layak, agar kelak hidup anaknya tidak seperti apa yang dialami ibunya, (b) Tokoh utama: Fatikha, sedangkan tokoh tambahannya:Mahali, Hiram, Eleina Markov, Pak Karim, Ngadrim, Ngartidjo, dan Ngadiredjo, (c) alur: campuran, (d) latar tempat:Desa Ngurawan, Yayasan Ar-Rahmah, Rumah Mahali, Kantor polsek Blumbang, Mushala. Latar waktu: pagi, siang, sore, dan malam hari, latar sosial: penambang pasir, kepala desa, kepala sekolah, polisi, (e) amanatnya adalah jangan mudah menyerah dalam menjalani hidup;(2) nilai pendidikan karakter dalam novelKubah di Atas Pasir karya Zhaenal Fanani ada 17 yaitu, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerjakeras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab: (3) Rencana pelaksanaan pembelajaran novel Kubah di Atas Pasir menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran novel Kubah di Atas Pasir, yaitu tes tetulis dengan menggunakan tes esai. Langkah-langkah pembelajaranyangdigunakanmeliputi kegiatan pendahuluan, kegiataninti (eksplorasi,elaborasi,konfirmasi),dankegiatanpenutup. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter, dan rencana pelaksanaan pembelajaran en_US
dc.title NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL KUBAH DI ATAS PASIR KARYA ZHAENAL FANANI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account