Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

UNSUR BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL NOVEL DASAMUKA KARYA JUNAEDI SETIYONO DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA (Kajian Antropologi Sastra)

Show simple item record

dc.contributor.author Khotimah, Khusnul
dc.date.accessioned 2018-02-10T01:43:29Z
dc.date.available 2018-02-10T01:43:29Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1914
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur budaya dalam novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono; (2) kearifan lokal dalam novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono; (3) skenario pembelajaran analisis novel dengan pendekatan antropologi sastra karya Junaedi Setiyono di kelas XII SMA. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono dan skenario pembelajarannya di kelas XII SMA. Penelitian ini difokuskan pada unsur budaya dan kearifan lokal dalam novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono serta skenario pembelajarannya di kelas XII SMA. Data penelitian ini berupa data lunak yang berwujud kata,frasa, klausa, kalimat, paragraf, atau wacana yang terdapat dalam novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono yang diterbitkan oleh Penerbit Elmatera (Yogyakarta) tahun 2014.Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan kartu data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catat. Validitas data dilakukan dengan meningkatkan kecermatan dalam membaca ulang dan konfirmasi dengan penulis.Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono mengandung unsur budaya meliputi: (a) sistem religi (ritual agama, guru/pemimpin agama, dan pakaian simbol agama); (b) sistem dan organisasi kemasyarakatan (kekerabatan, politik, hukum, dan kelompok sosial);(c) sistem pengetahuan (alam (flora), sifat/tingkah manusia, kriteria pendamping hidup, ruang dan waktu dalam ilmu Jawa, pendidikan anak, dan ramuan Jawa); (d) bahasa (proses belajar bahasa dan tingkatan bahasa dalam bahasa Jawa); (e) kesenian (seni macapat, alat musik Jawa, dan seni tari);(f) sistem mata pencaharian hidup (mata pencaharian hidup dalam lingkup keraton dan di luar lingkup keraton);(g) serta sistem peralatan hidup dan teknologi (senjata, wadah, makanan serta ramuan, pakaian, perhiasan, tempat berlindung/perumahan, dan alat transportasi); (2) novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono mengandung kearifan lokal meliputi wayang (dunia pewayangan), tingkatan bahasa dalam bahasa Jawa, ungkapan dan istilah budaya Jawa, macapat, titi mongso, ramuan, dan batik; (3) skenario pembelajaran novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono di kelas XII SMA dapat diterapkan dalam pembelajaran analisis teks novel untuk kelas XII SMA, yakni pada kompetensi dasar 3.3 dengan metode pembelajaran inkuiri berbasis saintifik. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Dasamuka, unsur budaya, kearifan lokal, antropologi sastra en_US
dc.title UNSUR BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL NOVEL DASAMUKA KARYA JUNAEDI SETIYONO DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA (Kajian Antropologi Sastra) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account