Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL HAJI BACKPACKER KARYA AGUK IRAWAN M.N. DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Jati, Khadiq Alfian
dc.date.accessioned 2018-02-10T01:46:48Z
dc.date.available 2018-02-10T01:46:48Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1915
dc.description.abstract Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Haji Backpacker. Objek penelitian ini adalah aspek nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Haji Backpacker. Fokus penelitian ini adalah unsur intrinsik dalam novel Haji Backpacker, nilai pendidikan karakter dalam novel Haji Backpacker, dan sekenario pembelajaran di kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan kartu pencatat data. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara content analysis (analisis isi). Teknik penyajian hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Haji Backpacker, meliputi (a). tema: keteguhan dan ketegaran Mada saat bekerja dan melaksanakan ibadah haji secara bersamaan di tanah suci.; (b). tokoh utama: Mada; tokoh tambahan: Rini, Emak, Kang Mas, Amrullah, Kang Aflahurroji, Mutamakin, Syaikh Sulaiman; (c). alur: maju; (d). latar: tempat, waktu, dan sosial; (e). sudut pandang: orang pertama tunggal; (f). amanat: selalu berpikir positif terhadap takdir; (2) nilai pendidikan karakter dalam novel Haji Backpacker karya Aguk Irawan M.N. meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif atau bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab; (3) sekenario pembelajaran di kelas XI SMA berdasarkan KTSP adalah sebagai berikut: kompetensi dasar: 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia. Langkah-langkah kegiatan (a). pendahuluan: guru memotivasi siswa, guru membacakan indikator dan tujuan yang ingin dicapai; (b). kegiatan inti: siswa berdiskusi untuk menganalisis unsur intrinsik x dan aspek pendidikan karakter novel Haji Backpacker; (c). penutup: refleksi, yaitu guru memberikan penguatan terhadap kegiatan yang dilakukan siswa, dan diakhiri dengan pemberian tugas. Metode yang digunakan adalah kooparatif Group Investigation. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Nilai pendidikan karakter, novel,dan skenario pembelajaran en_US
dc.title NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL HAJI BACKPACKER KARYA AGUK IRAWAN M.N. DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account