Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA NOVEL KEMBARA KARYA PRADANA BOY ZTF DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Septiani
dc.date.accessioned 2018-02-10T01:48:52Z
dc.date.available 2018-02-10T01:48:52Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1916
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Kembara karya Pradana Boy ZTF, (2) aspek sosiologi sastra novel Kembara karya Pradana Boy ZTF, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajarannya di Kelas XI SMA. Subjek penelitian ini adalah novel Kembara karya Pradana Boy ZTF. Objek penelitian ini yaitu aspek sosiologi sastra novel Kembara karya Pradana Boy ZTF. Fokus penelitian ini adalah unsur intrinsik novel Kembara karya Pradana Bot ZTF, aspek sosiologi sastra novel Kembara karya Pradana Boy ZTF dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data dalam novel Kembara adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Kembara karya Pradana Boy ZTF, yaitu (a) tema digolongkan menjadi dua, yaitu tema mayor dan tema minor. Tema mayor novel Kembara yaitu keteguhan seorang pemuda dalam pencarian jati diri, perjuangan dalam kehidupan, dan perjalanan tentang cintanya. Tema minor antara lain: (masalah percintaan, masalah perjuangan, masalah pencarian jati diri, masalah kepercayaan. (b) tokoh utamanya adalah Fatih dan Amra. Tokoh tambahannya adalah Rama, Romy, Dita, Joko, Rahman, Avis, Bondan. Penggambaran tokoh dan penokohan secara analitik dan dramatik; (c) alur yang digunakan adalah alur maju, meliputi tahap penyituasian, pemunculan konflik, peningkatan konflik, klimaks dan penyelesaian, sedangkan kaidah pengembangan plot terdiri dari tegangan, daya duga bayang, dan kejutan; (d) latar tempat ada yang dihadirkan secara utuh dan tidak utuh. Latar waktu yang digunakan adalah pagi, siang, sore, malam dan hari; (e) sudut pandang novel ini adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu (2) Sosiologi sastra novel ini meliputi (a) kekerabatan terdiri atas: keluarga dan sahabat, (b) ekonomi terdiri atas: kekayaan dan kesederhanaan hidup (c) cinta kasih terdiri atas: cinta terhadap keluarga, sahabat, dan lawan jenis terjalin dengan baik, (d) pendidikan: perjuangan Fatih dalam mencari ilmu (e) kepercayaan: keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (f) moral: tindakan baik buruknya yang bisa diterima oleh masyarakat (3) Rencana pelaksanaan pembelajaran novel Kembara karya Pradana Boy ZTF menggunakan metode diskusi, penugasan dan tanya jawab. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran novel Kembara secara tertulis dengan menggunakan tes esai. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject unsur instrinsik, sosiologi sastra, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. en_US
dc.title KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA NOVEL KEMBARA KARYA PRADANA BOY ZTF DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account