Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KALIGESING TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Ayu Ratna
dc.date.accessioned 2018-02-10T01:51:28Z
dc.date.available 2018-02-10T01:51:28Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1917
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui model pembelajaran picture and picture; (2) perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi setelah mengguna model pembelajaran picture and picture; dan (3) peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan model pembelajaran picture and picture. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas melalui model picture and picture melalui dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kaligesing, sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Uji validitas data dipenuhi dengan melibatkan lebih dari satu sumber data (triangulasi), yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data hasil penelitian ini, dapat peneliti simpulkan: (1) proses pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah kaligesing tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus 1, dan siklus II; (2) perubahan sikap dan perilaku siswa dalam proses pembelajaran terlihat positif yaitu siswa lebih memperhatikan guru saat menerangkan, menjadi lebih aktif dengan berani bertanya dan mengungkapkan pendapat dengan percaya diri; (3) peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kaligesing tahun pelajaran 2016/2017 setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan model pembelajaran picture and picture dapat diketahui dari hasil nilai rata-rata siswa pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa adalah 67.75, siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 75.00, siklus II meningkat menjadi 83.75. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject keterampilan menulis, paragraf deskripsi, picture and picture en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KALIGESING TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account