Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KALIGESING TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Yunita, Ita
dc.date.accessioned 2018-02-10T01:53:43Z
dc.date.available 2018-02-10T01:53:43Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1918
dc.description.abstract Tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis paragraf eksposisi melalui media Audiovisual; (2) peningkatan keterampilan menulis paragraf eksposisi setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan media Audiovisual. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas melalui media Audiovisual melalui dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kaligesing, sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis paragraf eksposisi. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Uji validitas data dipenuhi dengan melibatkan lebih dari satu sumber data (triangulasi), yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Data hasil penelitian ini, dapat peneliti simpulkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah kaligesing tahun pelajaran 2016. Pada proses pembelajaran prasiklus penelititi belum menggunakan media audio visual. Peneliti masih metode ceramah. Pada proses pembelajaran siklus I dan siklus II peneliti sudah menggunakan media audio visual dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi. Langkah pembelajaran pada siklus I diterapkan pula pada siklus II. Langkah-langkah pembelajaranya adalah a) peneliti mnejelaskan materi pembealjaran menulis paragraf eksposisi, b) peneliti membagi siswa menjadi beberapa kelompok, c) peneliti meyiapkan materi berupa video yang bertema tentang pemanasan global, (d) masing-masing kelompok menulis paragraf eksposisi dengan tema yang telah ditentukan, (e) masing-masing kelompok menggumpulkan hasil karyanya di depan kelas; (2) Peningkatan keterampilan menulis paragraf eksposisi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kaligesing tahun pelajaran 2016/2017 setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan media audiovisual dapat diketahui dari hasil nilai rata-rata siswa pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa adalah 60.00, siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 72.08, siklus II meningkat menjadi 77. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf eksposisi en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Keterampilan menulis, paragraf eksposisi, audiovisual en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KALIGESING TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account