Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Cooperative Integrated Reading and Compotion (CIRC) pada Materi Bilangan Bulat Terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Nopiman
dc.date.accessioned 2018-02-10T01:57:24Z
dc.date.available 2018-02-10T01:57:24Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1920
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada model peembelajaraan Cooperative Integrated Reading And Coompotion (CIRC) pada materi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Populasi ini adalah seluruh siswa kelasVII SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 7 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling, dengan sampel yaitu kelas VII-C sebagai kelas eksperimen I yang dikenai model pembelajaran NHT dan kelas VII-Dsebagai kelas eksperimen II yang dikenai model pembelajaran CIRC.Pengumpulan data dengan metode dokumentasidan metode tes. Instrumen menggunakan data dokumentasi dan tesprestasi belajar.Sebelum instrumen tes digunakan terlebih dahulu di uji cobakan. Analisis instrumentes menggunakan validitas tes yang diuji menggunakan korelasi product moment dengan angka kasar dan reliabilitas tes menggunakan KR-20. Sedangkan untuk analisis butir tes diuji dengan uji TK dan DP. Pada penelitian ini data awal yang digunakan adalah nilai tes awal (pretest). Selanjutnya dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan uji Chi kuadrat. Hasil tes prestasi belajar menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen I = 74.22 dan rata-rata nilai kelas eksperimen II = 69.84. Selanjutnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat untuk melakukan uji hipotesis, dan diperoleh bahwa kedua kelas normal dan homogen. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji -Z. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai dari table Zo,o5 = 1,699 sedangkanZobs= 1,890 makaZobs = 1,890 > 1,699 􀗐DK. Yang menyebabkan Ho ditolak sehingga diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar dengan model pembelajaran NHT lebih baik daripada dengan model pembelajaran CIRC. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject prestasi belajar, model pembelajaran NHT, model pembelajaran CIRC en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Cooperative Integrated Reading and Compotion (CIRC) pada Materi Bilangan Bulat Terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account