Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ASPEK SOSIAL NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Aprilia, Trias
dc.date.accessioned 2018-02-10T01:58:07Z
dc.date.available 2018-02-10T01:58:07Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1921
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) unsur instrinsik novel Ayah karya Andrea Hirata dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di kelas XI SMA (2) aspek sosial novel Ayah karya Andrea Hirata dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di kelas XI SMA, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran aspek sosial novel Ayah di kelas XI SMA. Subjek penelitian ini adalah novel Ayah karya Andrea Hirata. Objek penelitian ini yaitu aspek sosial novel Ayah karya Andrea Hirata. Fokus penelitian ini adalah aspek sosial novel Ayah karya Andrea Hirata , Unsur instrinsik novel Ayah karya Andrea Hirata dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah adalah teknik pustaka. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data dalam novel Ayah adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan analisis data disimpulkan : (1) unsur instrinsik dalam novel Ayah karya Andrea Hirata meliputi : (a) tema yaitu kesabaran dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan yang silih berganti dialami tokoh utama, (b) tokoh meliputi tokoh utama yaitu Sabari (sabar,ulet pantang menyerah dan pekerja keras) dan tokoh tambahan Marlena (keras kepala dan berani melawan orang tua), Amiru atau Zorro (pintar,penyayang dan pandai bercerita) Tamat (baik hati, suka menolong dan senang bersahabat),Ukun (baik hati dan suka menolong),Toharun (baik hati) dan Markoni (tegas dan keras dalam mendidik anak).(c) latar terbagi menjadi tiga yaitu latar tempat, Desa Belantik, warung kopi, gedung MPB, Pasar Belantik, dan Sungai Lengan. Latar waktu yaitu malam, pagi, siang, sore dan latar sosial kehidupan masyarakat kampong Nira yang suka mendengarkan radio (d) alur yang digunakan dalam novel ini yaitu alur campuran. (e) sudut pandang yang digunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu. (2) aspek-aspek sosial novel Ayah karya Andrea Hirata meliputi: (a) aspek kekerabatann ditunjukkan tokoh Sabari , Ukun dan Tamat yang memiliki hubungan kekerabatan yang sangat erat antara satu dengan yang lain (b) aspek cinta kasih perasaan saling mengasihi orang tua kepada anaknya dan cinta Sabari kepada Marlena, (c) aspek ekonomi seseorang yang berasal dari kelurga yang sederhana. (d) pendidikan dianggap sebagai hal yang sangat penting untuk anaknya. (3) pembelajaran novel Ayah karya Andrea Hirata menggunakan metode diskusi, penugasan dan tanya jawab. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject aspek sosial novel Ayah, rencana pelaksanaan pembelajarannya en_US
dc.title ASPEK SOSIAL NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account