Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dan Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Mujianto, Andi
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:03:09Z
dc.date.available 2018-02-10T02:03:09Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1924
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen I dan Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Instrument yang digunakan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t hipotesis pihak kanan (ekor kanan). Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors, sedangkan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama, sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Hal tersebut dibuktikan dengan Uji normalitas, uji homogenitas dan uji keseimbangan. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus t. Dengan = 0,05 menunjukkan tobs = 3,5123 > 1,670 = ttabel berarti prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Prestasi Belajar, Pair Check, MMP en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dan Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account