Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA GAMBAR LINGKUNGAN ALAM SEKITAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayat, Taufiq
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:03:47Z
dc.date.available 2018-02-10T02:03:47Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1925
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran menulis puisi dengan media gambar lingkungan alam sekitar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kebumen; (2) pengaruh media gambar lingkungan alam sekitar terhadap sikap dan minat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kebumen; (3) peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar lingkungan alam sekitar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Tenik tes berupa tes menulis puisi, sedangkan teknik nontes berupa angket, lembar observasi, jurnal, dan dokumentasi foto. Dalam analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini, teknik penyajian analisis data yang digunakan adalah teknik informal. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menulis puisi dengan media gambar lingkungan alam sekitar yaitu siswa: (a) diberi tugas untuk mengamati gambar lingkungan alam sekitar, (b) menentukan tema dan judul yang sesuai dengan gambar lingkungan alam sekitar, dan (c) mengembangkan judul puisi menjadi sebuah puisi dengan menggunakan pilihan kata, rima, dan majas yang tepat; (2) pembelajaran dengan media gambar lingkungan alam sekitar mampu meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran. Penilaian dengan lembar observasi menunjukkan bahwa keaktifan, interaksi, dan situasi siswa dalam kegiatan pembelajaran pada prasiklus dan siklus I cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi baik. Pada prasiklus, keaktifan siswa 62,5%, interaksi 56,25% dan situasi 46,87%. Selanjutnya, pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 78,12%, interaksi 71,87 dan situasi menjadi 62,5%. Pada siklus, II keaktifan meningkat lagi menjadi 87,5%, interaksi 78,12%, dan situasi menjadi 75%; (3) peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kebumen dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada prasiklus hanya 63,3, pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 72,8. Hasil prasiklus sampai siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,9. Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 79 dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 6,8. Jadi, total peningkatan dari prasiklus sampai siklus II adalah15,7. Dengan demikian, penggunaan media gambar lingkungan alam sekitar dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kebumen. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis puisi, media gambar lingkungan alam sekitar en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA GAMBAR LINGKUNGAN ALAM SEKITAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account