Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Pair Check Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Sasangka, Boby
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:05:35Z
dc.date.available 2018-02-10T02:05:35Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1926
dc.description.abstract Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 35 Purworejo pada siswa kelas VIII D semester II tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, meliputi dua pertemuan untuk pelaksanaan pembelajaran dan satu pertemuan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada siklus I mencapai 69,91%, masuk dalam kategori cukup baik. Pada siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada siklus II mencapai 77,83%, masuk dalam kategori baik. Dari hasil tes evaluasi pada siklus I diperoleh rerata prestasi belajar siswa mencapai 77,50 dengan ketuntasan klasikal 66,67%. Dari hasil tes evaluasi pada siklus II diperoleh rerata prestasi belajar siswa mencapai 78,67 dengan ketuntasan klasikal 80%. Jadi model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa juga terjadi peningkatan. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Pair Check, Keaktifan, Prestasi Belajar en_US
dc.title Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Pair Check Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account