Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI MORAL DALAM NOVEL MELODI TERAKHIR SANG MUAZIN SUBUH KARYA ATIM R. ANJANA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Pujianto, Anif
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:08:06Z
dc.date.available 2018-02-10T02:08:06Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1927
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) unsur instrinsik yang terdapat dalam novel Melodi Terakhir Sang Muazin Subuh Karya Atim R. Anjana; (2) nilai moral yang terdapat dalam novel Melodi Terakhir Sang Muazin Subuh Karya Atim R. Anjana; dan (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek berupa novel Melodi Terakhir Sang Muazin Subuh Karya Atim R. Anjana. Objek berupa nilai moral. Fokus berupa unsur intrinsik, nilai moral, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Instrumen meliputi: peneliti, kartu pencatat data, dan alat tulisnya. Analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Penyajian hasil dalam analisis data digunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik yang terdapat di dalam novel Melodi Terakhir Sang Muazin Subuh Karya Atim R.Anjana terdiri dari (a) tema: perjuangan seorang anak menepati janjinya kepada orang tua, (b) tokoh utama: Najma, dan tokoh tambahan: Kyai Habib, Nyai Asiyah, Zahra, Kyai Chudlori, Syaifullah, Icha, Renita, Izzah, Barokatun, Rojikin, Gus Irfai, Dr. Husina, Sheila, Azwan, Lulu, Febrian, (c) alur: alur maju, (d) sudut pandang: sudut pandang orang ke tiga serba tahu “dia”, (e) latar tempat: Kebumen, Yogyakarta, UNESA, dan Jakarta, latar waktu: pagi, siang, sore dan malam; latar sosial: keluarga tokoh agama, (f) amanat: berusaha untuk menjadi anak yang membanggakan orang tua; (2) wujud nilai moral yang terdapat di dalam novel ini terdiri dari (a) nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan: berdoa, beribadah, bersyukur, (b) nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri: bekerja keras, sabar, berprasangka baik, rela berkorban, berpikir cerdas, berani, penyesalan, mandiri, (c) nilai moral hubungan manusia dengan manusia: silaturahmi, menasihati, memuji, berjanji, menyemangati, memaafkan, kasih sayang dan tanggung jawab orang tua; (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran novel didasarkan pada Kompetensi Dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan. Indikator pembelajaran novel ini adalah mengungkapkan tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan mengungkapkan nilai moral. Langkah-langkah pembelajarannya dilakukan dua kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari (a) kegiatan awal, (b) kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi); (c) kegiatan akhir/penutup. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject nilai moral, novel, dan rencana pelaksanaan pembelajaran en_US
dc.title NILAI MORAL DALAM NOVEL MELODI TERAKHIR SANG MUAZIN SUBUH KARYA ATIM R. ANJANA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account