Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL TEMPAT PALING SUNYI KARYA ARAFAT NUR DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Widodo, Werdi
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:10:28Z
dc.date.available 2018-02-10T02:10:28Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1929
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur; (2) wujud pendidikan karakter novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur; dan (3) skenario pembelajaran pendidikan karakter novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur di SMA. Objek penelitian ini adalah pendidikan karakter novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur. Fokus penelitian ini meliputi: (1) unsur intrinsik novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur; (2) wujud pendidikan karakter novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur; dan (3) skenario pembelajaran pendidikan karakter novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur pada siswa SMA kelas XI. Sumber data berupa novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur. Instrumen penelitian ini adalah dengan kartu pencatat data. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode pustaka. Analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analysis). Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan dengan teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur meliputi: (a) tema: perjuangan mewujudkan citacita; (b) alur: maju; (c) tokoh dan penokohan terdiri dari: tokoh utama: Mustafa (polos, tekun, dan sabar) dan tokoh tambahan: Salma (curigaan, pemarah, dan tidak percaya), Riana (ramah tamah dan berkemauan keras), Syarifah (susah percaya dan berprasangka buruk), Khadir (kasih sayang dan perhatian), Jamal (kasih sayang, perhatian, dan ramah tamah), Akmal (kasih sayang dan perhatian), dan Aku (berani dan penasaran); (d) latar terdiri dari: latar waktu: malam hari, zaman peperangan, dan hari Senin, latar tempat: di dalam kamar, di ruang tamu, perpustakaan di Jln. Samudra, dan pasar Cunda, dan latar suasana: hening, sepi, dan sedih; (e) sudut pandang: orang ketiga serba tahu; (f) majas: simile dan personifikasi; dan (g) amanat terdiri dari: eksplisit/langsung (bertanggung jawab, gigih, dan pantang menyerah) dan emplisit/tidak langsung (percaya diri dan keyakinan kuat); (2) wujud pendidikan karakter novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur ada lima, yakni: (a) wujud pendidikan karakter hubungan manusia dengan Tuhan meliputi: berdoa, taat beribadah, jujur, dan ikhlas; (b) wujud pendidikan karakter hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi: bertanggung jawab, sabar, berpikir logis, kreatif, inovatif, mandiri, rasa ingin tahu, penasaran, cinta ilmu, pantang menyerah, gigih, rajin, terampil, berhati lembut, dan berani; (c) wujud pendidikan karakter hubungan manusia dengan keluarga meliputi: setia, kasih sayang, perhatian, dan ramah tamah; (d) wujud pendidikan karakter hubungan manusia dengan masyarakat dan bangsa meliputi: berjiwa nasionalis, rela berkorban, cinta damai, dan berkemauan keras; dan (e) wujud pendidikan karakter hubungan manusia dengan sesama, alam sekitar, dan lingkungan sosial adalah bekerja keras dan tekun; dan (3) skenario pembelajaran pendidikan karakter novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur pada siswa SMA kelas XI semester 1, yakni dengan langkah-langkah pembelajaran meliputi: pendahuluan; inti (eksplorasi, elaborasi, serta konfirmasi), dan penutup. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur secara tertulis dengan menggunakan tes objektif dan esai. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Pendidikan karakter, novel, dan Skenario pembelajaran en_US
dc.title PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL TEMPAT PALING SUNYI KARYA ARAFAT NUR DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account