Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Metode GNT ( Guided Note Taking ) Pada siswa Kelas V SD Negeri SE-Gugus Gajah Mada Kecamatan Kepil Wonosobo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Rusdiana, Jefri
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:12:00Z
dc.date.available 2018-02-10T02:12:00Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1930
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Gajah Mada pada materi menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah yang mendapatkan pembelajaran model guided note taking lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah SD se-Gugus Gajah mada Gadingrejo Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 2 Gadingrejo sebagai kelas kontrol dan siswa kelas V SD Negeri 3 Gadingrejo sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes kemampuan materi pecahan dalam pemecahan masalah yang berjumlah 25 butir soal yang sebelumnya telah diuji validitas dengan teknik korelasi product moment dan reliabilitas dengan menggunakan rumus K-R.20. Analisis data yang digunakan sebelum perlakuan adalah uji normalitas data dilakukan dengan metode Lilliefors, uji homogenitas data dilakukan dengan uji Bartlett dan uji keseimbangan dilakukan dengan uji-t dua pihak. Analisis data yang digunakan setelah perlakuan adalah uji normalitas data dilakukan dengan metode Lilliefors, uji homogenitas data dilakukan dengan uji Bartlett dan uji hipotesis dilakukan dengan uji-t pihak kanan. Analisis uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan dengan α = 0,05 menunjukkan uji tobservasi = 2.39 dengan t0.05;35 sebesar 1.960 sehingga H0 ditolak. Karena tobservasi > ttabel hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan pecahan dalam pemecahan masalah yang menggunakan metode pembelajaran guided note taking lebih baik dari pada yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori setelah diterapkan pada materi pecahan dalam pemecahan masalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Gajah Mada Gadingrejo Kecamatan kepil Kabupaten wonosobo Tahun Pelajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject prestasi belajar, GNT en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Metode GNT ( Guided Note Taking ) Pada siswa Kelas V SD Negeri SE-Gugus Gajah Mada Kecamatan Kepil Wonosobo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account