Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PEJAGOAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Aprilia, Dewi
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:16:53Z
dc.date.available 2018-02-10T02:16:53Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1932
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai: (1) pengaruh model concept sentence terhadap motivasi siswa kelas XI yang termasuk kelompok eksperimen SMA Negeri 1 Pejagoan tahun pelajaran 2016/2017; (2) pengaruh model concept sentence terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pejagoan tahun pelajaran 2016/2017; (3) nilai keterampilan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pejagoan tahun pelajaran 2016/2017 yang diajar dengan model concept sentance lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model konvensional. Penelitian eksperimen ini merupakan penelitian nonequivalent control group desaign yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini yakni 36 siswa kelas XI MIA 1 (kelompok eksperimen) dan 36 siswa XI MIA 4 (kelompok kontrol) di SMA Negeri 1 Pejagoan. Subjek tersebut dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni perhitungan statistik. Penyajian data menggunakan teknik informal. Pengumpulan data didapat dari tes (pretes dan pascates) dan nontes (angket dan wawancara). Salah satu kelompok, yakni kelompok eksperimen mendapat perlakuan model concept sentence sebelum melakukan pascates. Instrumen terdiri dari 1 soal dan 25 instrumen angket yang dinyatakan valid dan reliabel. Koefisian reliabilitas soal sebesar 0,83 dan reliabilitas instrumen yakni 0,87. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) hasil angket pada prates kelompok eksperimen sebelum menggunakan model concept sentence menyatakan bahwa siswa ragu-ragu (67,07%) akan termotivasi dalam belajar, sedangkan hasil pascates siswa berkategori setuju (72,93%) bahwa siswa termotivasi dalam belajar. Hal tersebut membuktikan bahwa model concept sentence membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar; (2) nilai yang didapat prates dan pascates kelompok ekperimen (0,710 dan 0,670) dan prates dan pascates kelompok kontrol (0,293 dan 0,268) berdistribusi normal. Nilai rata-rata menulis siswa kelompok eksperimen sebelum menggunakan model concept sentence (72,15) meningkat setelah menggunakan model concept sentence (80,67) (thitung (-14.160) < -ttabel (-2.03). Hal tersebut menunjukkan bahwa model concept sentence berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas eksperimen; (3) nilai rata-rata pascates kelompok eksperimen yang diajar dengan model concept sentence (80,67) lebih tinggi daripada rata-rata kelompok kontrol yang diajar dengan model konvensional (77,87) (thitung (4.446) > ttabel (2.03). Hal tersebut membuktikan bahwa nilai keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks siswa yang diajar dengan model concept sentence lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model konvensional en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject concept sentence, motivasi siswa, menulis teks eksplanasi kompleks en_US
dc.title PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PEJAGOAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account