Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 AMBAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Fitriyana, Minu
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:20:48Z
dc.date.available 2018-02-10T02:20:48Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1933
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap motivasi belajar siswa; (2) pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa; dan (3) perbandingan keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Script dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TN 3 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI TN 2 sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yakni perhitungan statistik. Penyajian data menggunakan teknik informal. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan tes. Kuesioner digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Tes berupa soal uraian, tes ini digunakan untuk mengetahui hasil keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) model pembelajaran Cooperative Script membuat siswa termotivasi dalam belajar. Hasil kuesioner prates kelompok eksperimen sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Script menyatakan bahwa siswa ragu-ragu (67,5%) termotivasi dalam belajar, sedangkan hasil pascates siswa dalam kategori setuju (80,25%) bahwa siswa termotivasi dalam belajar, (2) Terdapat pengaruh yang positif penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil menulis teks eksposisi siswa. Nilai rata-rata menulis teks eksposisi kelompok eksperimen meningkat yaitu dari nilai rata-rata 71,03 menjadi 81,20. Hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitungan pada uji t diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 12,960>1,69. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa perbedaan nilainya signifikan dengan nilai sign.(2 tailed) 0,000. (3) Siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Script hasilnya lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model konvensional. Nilai rata-rata pascates yang didapat kelompok eksperimen yaitu 81,20 sedangkan nilai rata-rata pascates yang didapat kelompok kontrol yaitu 76,00. Hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitungan pada uji t diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 6,883>1,69. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject eksposisi, cooperative script en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 AMBAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account