Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 33 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Sangadah, Tr Astuti
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:25:05Z
dc.date.available 2018-02-10T02:25:05Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1937
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran menulis puisi dengan model kancing gemerincing; (2) pengaruh model kancing gemerincing terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran menulis puisi; dan (3) peningkatan keterampilan siswa dalam menulis puisi dengan model kancing gemerincing pada siswa kelas VII D SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 33 Purworejo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik nontes. Instrumen tes berisi soal uraian untuk mengetahui keterampilan siswa dalam menulis puisi. Instrumen nontes untuk mengetahui motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi. Teknik validitas data dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif, sedangkan teknik penyajian data dengan teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa: (1) penggunaan model kancing gemerincing, yaitu siswa: (a) dibentuk menjadi beberapa kelompok, (b) menerima gambar dan kancing dari guru. Kancing digunakan sebagai tiket siswa dalam mengeluarkan pendapat, (c) mengamati gambar dan mengumpulkan diksi dalam diskusi kelompok, (d) menulis puisi secara individu, (e) saling mengoreksi pekerjaan dengan teman satu kelompok, dan (f) membacakan hasil puisi yang telah dibuat di depan kelas. (2) Model kancing gemerincing berpengaruh baik terhadap motivasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi siswa dari prasiklus sampai siklus II. Pada prasiklus siswa yang termotivasi mengikuti pembelajaran menulis puisi sebesar 46%. Sementara itu, pada siklus I meningkat menjadi 63% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76%. (3) peningkatan keterampilan menulis puisi dengan model kancing gemerincing terlihat pada meningkatnya jumlah ketuntasan siswa. Pada prasiklus siswa yang mencapai KKM hanya 2 siswa dengan nilai rata-rata 52,40, pada siklus I meningkat menjadi 9 siswa dengan rata-rata 65,27, dan pada siklus II menjadi 27 siswa dengan nilai rata-rata 72,03. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Puisi, Model Kancing Gemerincing en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 33 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account