Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Resiliensi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Setiantanti, Trisna Heni
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:25:19Z
dc.date.available 2018-02-10T02:25:19Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1938
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) resiliensi dan prestasi belajar matematika; (2) motivasi belajar dan prestasi belajar matematika; (3) resiliensi dan motivasi belajar; (4) resiliensi, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini termasuk penelitian berjenis expost facto karena variabel bebas dalam penelitian ini telah terjadi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip sebanyak 802 orang dengan sampel sebanyak 250 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment, korelasi ganda, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi linear ganda. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji keberartian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara: (1) resiliensi siswa terhadap prestasi belajar matematika dimana 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 =32,825 dan hasil prediksi diperoleh jika skor resiliensi bertambah 5 maka skor prestasi belajar matematika bertambah 4,345; (2) motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dimana 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 18,831 dan hasil prediksi diperoleh jika skor resiliensi bertambah 5 maka skor prestasi belajar matematika bertambah 3,52; (3) resiliensi terhadap motivasi belajar matematika dimana harga 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 14,836; (4) resiliensi, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dimana 𝐹β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 728,850 dan hasil prediksi diperoleh bahwa jika skor resiliensi dan motivasi belajar bertambah 5 maka skor prestasi belajar matematika akan bertambah 4,64415. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi resiliensi dan motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar matematika en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Resiliensi, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Matematika en_US
dc.title Pengaruh Resiliensi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account