Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Kemampuan Verbal dan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Membuat Model Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Adimulyo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Kartini, Retno Ajeng
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:29:46Z
dc.date.available 2018-02-10T02:29:46Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1940
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara: (1) kemampuan verbal terhadap kemampuan membuat model matematika; (2) kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan membuat model matematika; (3) kemampuan verbal terhadap kemampuan membaca pemahaman; (4) kemampuan verbal dan kemampuan mem-baca pemahaman terhadap kemampuan membuat model matematika. Penelitian ini termasuk penelitian berjenis expost facto karena variabel bebas dalam penelitian ini telah terjadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Adimulyo sebanyak 429 orang dengan sampel 191 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment, korelasi ganda, analisis regresi sederhana, dan ana-lisis regresi linier ganda. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji keberartian, dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh antara: (1) kemampuan verbal terhadap kemampuan membuat model matematika dimana dan hasil prediksi diperoleh bahwa jika skor kemampuan verbal bertambah 5 maka skor kemampuan membuat model matematika bertambah 6,25; (2) kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan membuat model matematika matematika dimana dan hasil prediksi diperoleh bahwa jika skor kemampuan membaca pemahaman bertambah 5 maka skor kemampuan membuat model matematika bertambah 4,85; (3) kemampuan verbal terhadap kemampuan membaca pemahaman dimana ; (4) kemampuan verbal dan membaca pemahaman terhadap kemampuan membuat model matematika dimana dan hasil prediksi diperoleh bahwa jika skor kemampuan verbal dan kemampuan membaca pemahaman masing-masing bertambah 5 maka skor kemampuan membuat model matematika bertambah 5,45. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan verbal dan membaca pemahaman maka semakin baik pula kemampuan membuat model matematikanya. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject kemampuan verbal, membaca pemahaman, model matematika, analisis regresi en_US
dc.title Pengaruh Kemampuan Verbal dan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Membuat Model Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Adimulyo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account