Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Rozy, Fakhri Fakhrur
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:32:25Z
dc.date.available 2018-02-10T02:32:25Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1941
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai: (1) pengaruh metode SQ3R terhadap motivasi peserta didik kelas VII yang termasuk kelas eksperimen SMP Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017; (2) pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Purworejo; (3) nilai kemampuan membaca pemahaman kelas VII SMP Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang diajar menggunakan metode SQ3R lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis nonequivalent control group design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian didapatkan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 32 peserta didik kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII F (kelas kontrol) di SMP Negeri 6 Purworejo. Pengumpulan data didapat dari tes (pretest dan posttest) dan nontes (angket dan wawancara). Instrumen terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 15 nomor instrumen angket yang dinyatakan valid dan reliabel. Koefisien realibilitas soal sebesar 0,91 dan reliabilitas instrumen 0,97. Teknik analisis data yang digunakan yakni perhitungan statistik. Penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) hasil angket pada pretest kelas eksperimen sebelum menggunakan metode SQ3R menyatakan bahwa peserta didik marasa sulit dalam memahami bacaan sebelum menggunakan metode SQ3R. Setelah perlakuan SQ3R, siswa lebih termotivasi dalam memahami bacaan. Hal ini dibuktikan dengan keempat aspek dalam motivasi belajar berubah yang sebelumnya rata-rata berada pada skala 3 (ragu-ragu) menjadi skala 4 (setuju); (2) nilai yang didapat dari pretest dan posttest kelas eksperimen dengan nilai Sig. 0,371 dan 0,291, sedangkan pretest dan posttest kelas kontrol Sig. 0,078 dan 0,271 terdistribusi normal (nilai Sig > 0,05). Nilai rata-rata membaca pemahaman peserta didik sebelum menggunakan metode SQ3R (73,75) meningkat setelah menggunakan metode SQ3R (80,78) (thitung (-4,729) < -ttabel (-1,695). Hal tersebut menunjukkan bahwa metode SQ3R berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman kelas eksperimen dan peserta didik dapat lulus dari batas nilai KKM mata pelajaran bahasa Indonesia (7,5); (3) nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode SQ3R (80,78) lebih baik dibandingkan rata-rata nilai membaca pemahaman yang diajar menggunakan metode konvensional (79,06) (thitung (-0,976) > ttabel (-1,695). Hal tersebut membuktikan bahwa nilai kemampuan membaca pemahaman peserta didik yang diajar menggunakan metode SQ3R lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject metode SQ3R, motivasi belajar, membaca pemahaman en_US
dc.title PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account