dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) proses pembelajaran
keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gombong tahun
pelajaran 2016/2017 dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu, (2)
motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gombong tahun pelajaran
2016/2017 setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan metode sugesti
imajinasi melalui media lagu, dan (3) peningkatan hasil keterampilan menulis
puisi dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu siswa kelas VII SMP
Negeri 4 Gombong tahun pelajaran 2016/2017.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus melalui tahap
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32
siswa kelas VII B SMP negeri 4 Gombong. Pengumpulan data dilakukan dengan
teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa
dalam menulis puisi, sedangkan teknik nontes yang digunakan dalam
pengambilan data berupa wawancara, pedoman observasi, angket, dan
dokumentasi foto. Teknik analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan
kuantitatif, sedangkan dalam teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan
teknik informal.
Hasil penelitian ini meliputi : (1) langkah-langkah pembelajaran
keterampilan menulis puisi melalui media lagu dengan metode sugesti imajinasi
pada siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Gombong, antara lain : (a) menyampaikan
materi; (b) memutarkan lagu; (c) mengidentifikasi poin-poin penting dalam lagu;
(d) memilih diksi; (e) menulis puisi, (f) menyampaikan simpulan, (2) pengaruh
pembelajaran menulis puisi melalui media lagu dengan metode sugesti imajinasi
mampu meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Penilaian berdasarkan
lembar observasi dan angket menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam
mengikuti pembelajaran pada prasiklus meningkat dari prasiklus ke siklus I dan
siklus II. Hasil observasi prasiklus, siswa masih kurang berperan aktif dalam
pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 27,41%, pada siklus I peran
siswa sudah meningkat dengan persentase rata-rata 66,66%, dan pada siklus II
peran aktif siswa meningkat lagi dengan persentase rata-rata 96,66%, (3)
peningkatan keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas VII B melalui
media lagu dengan metode sugesti imajinasi. Pada prasiklus, kemampuan menulis
puisi peserta didik memperoleh skor rata-rata 60,74, pada siklus I memperoleh
skor rata-rata 71,07, dan pada siklus II peserta didik memperoleh rata-rata sebesar
78,83. Oleh karena itu, kegiatan keterampilan menulis puisi dengan metode
sugesti imajinasi mengalami peningkatan. |
en_US |