Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA LAGU DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Suprapto, Arini Rahayu
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:35:38Z
dc.date.available 2018-02-10T02:35:38Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1943
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) proses pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gombong tahun pelajaran 2016/2017 dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu, (2) motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gombong tahun pelajaran 2016/2017 setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu, dan (3) peningkatan hasil keterampilan menulis puisi dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gombong tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII B SMP negeri 4 Gombong. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis puisi, sedangkan teknik nontes yang digunakan dalam pengambilan data berupa wawancara, pedoman observasi, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, sedangkan dalam teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini meliputi : (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui media lagu dengan metode sugesti imajinasi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Gombong, antara lain : (a) menyampaikan materi; (b) memutarkan lagu; (c) mengidentifikasi poin-poin penting dalam lagu; (d) memilih diksi; (e) menulis puisi, (f) menyampaikan simpulan, (2) pengaruh pembelajaran menulis puisi melalui media lagu dengan metode sugesti imajinasi mampu meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Penilaian berdasarkan lembar observasi dan angket menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus meningkat dari prasiklus ke siklus I dan siklus II. Hasil observasi prasiklus, siswa masih kurang berperan aktif dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 27,41%, pada siklus I peran siswa sudah meningkat dengan persentase rata-rata 66,66%, dan pada siklus II peran aktif siswa meningkat lagi dengan persentase rata-rata 96,66%, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas VII B melalui media lagu dengan metode sugesti imajinasi. Pada prasiklus, kemampuan menulis puisi peserta didik memperoleh skor rata-rata 60,74, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 71,07, dan pada siklus II peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 78,83. Oleh karena itu, kegiatan keterampilan menulis puisi dengan metode sugesti imajinasi mengalami peningkatan. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis, puisi, dan metode sugesti imajinasi en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA LAGU DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account