Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan Self-Efficacy, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Loano Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Firdaus, Arumita
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:40:26Z
dc.date.available 2018-02-10T02:40:26Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1945
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) self-efficacy dengan prestasi belajar matematika; (2) motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika; (3) lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika; (4) self-efficacy dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika; (5) motivasi belajar dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika; (6) self-efficacy dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika; (7) self-efficacy, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Loano sebanyak 352 siswa dengan sampel sebanyak 184 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara: (1) self-efficacy dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,18 dan signifikan; (2) motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,16 dan signifikan; (3) lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,17 dan signifikan; (4) self-efficacy dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,23 dan signifikan; (5) motivasi belajar dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,19 dan signifikan; (6) self-efficacy dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,23 dan signifikan; (7) self-efficacy, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,06 tetapi tidak signifikan. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject self-efficacy, motivasi belajar, lingkungan keluarga, prestasi belajar matematika en_US
dc.title Hubungan Self-Efficacy, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Loano Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account