Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Faisal, Dwi Findy
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:41:58Z
dc.date.available 2018-02-10T02:41:58Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1946
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan media audio visual pada siswa kelas XI TKR A SMK Muhammadiyah Kutowinangun; (2) pengaruh media audio visual terhadap minat siswa dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan media audio visual pada siswa kelas XI TKR A SMK Muhammadiyah Kutowinangun; dan (3) peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi dengan media audio visual pada siswa kelas XI TKR A SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik tes berupa tes tertulis menulis teks eksposisi, sedangkan teknik nontes meliputi teknik observasi, angket, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes. Dalam analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas data melalui triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Dalam penyajian analisis data digunakan teknik induksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan media audio visual meliputi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa, guru menayangkan video, siswa mencatat poin-poin penting pada video, siswa membuat kerangka karangan berdasarkan video yang disimak, siswa mengembangkan kerangka karangan menjadi teks eksposisi, dan guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan; (2) pengaruh media audio visual terhadap minat siswa sangat baik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Hal ini terbukti dari rata-rata persentase minat siswa yang diperoleh pada tahap prasiklus sebesar 37,19%. Setelah diterapakan media audio visual, minat siswa meningkat menjadi 60,52% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 86,25% pada siklus II; (3) peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi dikatakan berhasil apabila nilai rata-rata siswa mencapai KKM (75). Pada tahap prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 66,3, pada siklus I meningkat menjadi 74,3 dan meningkat lagi menjadi 80,9 pada siklus II. Dengan demikian, media audio visual dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Jadi, kemampuan menulis teks eksposisi siswa dari prasiklus sampai akhir siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,6. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject kemampuan menulis teks eksposisi, media audio visual en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account