dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran
menulis fabel menggunakan media film animasi pada siswa kelas VII C
SMP Negeri 1 Bonorowo; (2) pengaruh media film animasi terhadap minat siswa
dalam pembelajaran menulis fabel menggunakan media film animasi pada siswa
kelas VII C SMP Negeri 1 Bonorowo; dan (3) peningkatan kemampuan menulis
fabel menggunakan media film animasi pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1
Bonorowo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini
terdiri dari tiga tahapan, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik tes berupa tes tertulis
menulis fabel, sedangkan teknik nontes meliputi teknik observasi, angket,
wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes. Dalam analisis data, digunakan
teknik kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan
teknik validitas data melalui triangulasi sumber, triangulasi metode, dan
triangulasi teori. Dalam penyajian analisis data digunakan teknik informal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan
pembelajaran menulis fabel menggunakan media film animasi meliputi: guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang harus dicapai
siswa, guru menayangkan film animasi fabel, siswa mencatat poin-poin penting
setiap peristiwa dalam film animasi, siswa membuat kerangka karangan
berdasarkan film animasi yang disimak, siswa mengembangkan kerangka
karangan menjadi cerita fabel, dan guru bersama siswa menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilaksanakan; (2) pengaruh media film animasi terhadap
minat siswa sangat baik dalam pembelajaran menulis fabel. Hal dapat dilihat dari
perolehan persentase minat siswa pada tahap prasiklus hanya sebesar 50,25%.
Setelah diterapakan media film animasi, minat siswa meningkat menjadi 71,25%
pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 86,75% pada siklus II; (3) peningkatan
kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis fabel dapat dilihat dari hasil nilai
siswa yang mencapai nilai di atas KKM (70). Pada tahap prasiklus, siswayang
memperoleh nilai di atas KKM sebesar 19,44%, pada siklus I meningkat menjadi
64,71% dan meningkat lagi menjadi 94,11% pada siklus II. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa media film animasi dapat meningkatkan minat dan
kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis fabel. |
en_US |