Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS FABEL MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 BONOROWO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Anif, Nur
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:44:38Z
dc.date.available 2018-02-10T02:44:38Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1948
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis fabel menggunakan media film animasi pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Bonorowo; (2) pengaruh media film animasi terhadap minat siswa dalam pembelajaran menulis fabel menggunakan media film animasi pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Bonorowo; dan (3) peningkatan kemampuan menulis fabel menggunakan media film animasi pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Bonorowo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik tes berupa tes tertulis menulis fabel, sedangkan teknik nontes meliputi teknik observasi, angket, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes. Dalam analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas data melalui triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Dalam penyajian analisis data digunakan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis fabel menggunakan media film animasi meliputi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa, guru menayangkan film animasi fabel, siswa mencatat poin-poin penting setiap peristiwa dalam film animasi, siswa membuat kerangka karangan berdasarkan film animasi yang disimak, siswa mengembangkan kerangka karangan menjadi cerita fabel, dan guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan; (2) pengaruh media film animasi terhadap minat siswa sangat baik dalam pembelajaran menulis fabel. Hal dapat dilihat dari perolehan persentase minat siswa pada tahap prasiklus hanya sebesar 50,25%. Setelah diterapakan media film animasi, minat siswa meningkat menjadi 71,25% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 86,75% pada siklus II; (3) peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis fabel dapat dilihat dari hasil nilai siswa yang mencapai nilai di atas KKM (70). Pada tahap prasiklus, siswayang memperoleh nilai di atas KKM sebesar 19,44%, pada siklus I meningkat menjadi 64,71% dan meningkat lagi menjadi 94,11% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media film animasi dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis fabel. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject kemampuan menulis fabel, media film animasi en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS FABEL MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 BONOROWO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account