Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Guide Discovery untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Alfitasari, Nila
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:45:38Z
dc.date.available 2018-02-10T02:45:38Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1949
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dan apakah terdapat peningkatan prestasi matematika belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Purworejo melalui model pembelajaran guide discovery. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data secara kualitatif dengan triangulasi teknik data. Pada aktivitas belajar matematika siswa siklus I pada pertemuan 1 yaitu 41% kategori “kurang”, pertemuan 2 menjadi 50% kategori “kurang”. Dengan demikian menghasilkan rata-rata presentase aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 45,5% dengan kategori “kurang”. Hal ini dikarenakan siswa masih malu untuk menyampaikan hasil pekerjaanya, malu bertanya kepada peneliti. Saat siswa melakukan penemuan, siswa masih belum bisa bekerja sama dengan temannya. Pada siklus II aktivitas belajar matematika siswa mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan 1 sebesar 85% dengan kategori “baik”, pertemuan 2 sebesar 84% dengan kategori “baik”, dengan rata-rata presentase menjadi 85% dengan kategori “baik”. Ditunjukkan dengan adanya keberanian siswa dalam menyampaikan hasil pekerjaannya, maupun bertanya kepada peneliti. Siswa yang semula pasif, mulai mengikuti pembelajaran dengan baik. Begitu juga dengan prestasi belajar matematika siswa yaitu 38% sebelum dikenai tidakan, meningkat menjadi 47% dengan kategori “kurang” pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 80% dengan kategori “baik” pada siklus II. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran guide discovery dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika dan prestasi belajar pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Aktivitas belajar matematika, Prestasi belajar matematika, Guide Discovery en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Guide Discovery untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account