Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimen Model Pembelajaran SAVI Dengan Pendekatan Take And Give Dan Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015

Show simple item record

dc.contributor.author Nurnawan, Rizqi
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:46:43Z
dc.date.available 2018-02-10T02:46:43Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1950
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran SAVI dengan pendekatan take and give lebih baik daripada siswa dengan model pembelajaran diskusi. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Purworejo Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian menggunakkan 2 kelas, yaitu kelas XI IPS I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS II sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes evaluasi dalam bentuk pilihan ganda. Instrumen yang digunakan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakkan uji rataan t hipotesis pihak kanan (ekor kanan). Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors, sedangkan dan uji homogenitas menggunakkan metode Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai prestasi belajar matematika dari 28 siswa untuk kelas eksperimen adalah 60,68 dan nilai dari 28 siswa kelas pada kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata prestasi belajar matematika 60,00. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t pihak kanan menunjukkan bahwa H0 ditolak, yang artinya prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran SAVI dengan pendekatan take and give lebih baik daripada model pembelajaran diskusi pada materi fungsi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Pembelajaran SAVI dengan pendekatan take and give memberikan stimulus untuk siswa melakukan diskusi dua arah, dimana saling berbagi antar teman merupakan cara belajar yang paling efektif. Belajar menjadi lebih nyaman dengan bantuan media dapat memberikan gambaran lebih nyata mengenai materi yang diajarkan. Hasilnya prestasi belajar siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject model pembelajaran, SAVI, Diskusi, take and give, dan prestasi en_US
dc.title Eksperimen Model Pembelajaran SAVI Dengan Pendekatan Take And Give Dan Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account