Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SATIRE MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BULUSPESANTREN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Suratna
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:47:04Z
dc.date.available 2018-02-10T02:47:04Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1951
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) penerapan pembelajaran menulis puisi satire menggunakan media poster pada siswa kelas X-IPA-2 SMA Negeri 1 Buluspesantren tahun pelajaran 2016/2017; 2) pengaruh pembelajaran menulis puisi satire menggunakan media poster terhadap minat siswa kelas XIPA- 2 SMA Negeri 1 Buluspesantren tahun pelajaran 2016/2017; dan 3) peningkatan kemampuan menulis puisi satire setelah diadakan pembelajaran menggunakan media poster pada siswa kelas X-IPA-2 SMA Negeri 1 Buluspesantren tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap penelitian, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA-2 SMA Negeri 1 Buluspesantren tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dengan teknik tes dan nontes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode, sumber, dan teori. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian disajikan dengan teknik informal, yaitu digunakan untuk menyajikan data menggunakan kata-kata bisa. Namun, disertai data angka sebagai data pendukung yang diperoleh dari penelitan. Hasil dari analisis ini adalah pembelajaran menulis puisi satire menggunakan media poster yaitu, 1) guru melakukan apersepsi; 2) guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan KD yang akan dicapai; 3) guru menayangkan media poster dan contoh puisi satire; 4) siswa mengidentifikasi struktur fisik dan struktur batin puisi; 5) siswa diminta membuat puisi satire berdasarkan media poster yang ditayangkan dengan memperhatikan struktur fisik dan struktur batin puisi; 6) guru menyuruh salah satu siswa untuk membacakan puisinya di depan kelas; dan 7) guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari. Pengaruh pembelajaran menulis puisi satire menggunakan media poster terhadap minat siswa menjadi lebih baik, pada prasiklus rata-rata minat belajar siswa adalah 50,95%. Sementara itu pada siklus I, rata-rata minat belajar siswa menjad 61,14%, dan siklus II rata-rata menjadi 79,09%. Peningkatan kemampuan menulis puisi satire menggunakan media poster juga meningkat terlihat pada meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM 74. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada prasiklus 4,55% atau 1 siswa, pada siklus I 40,91% atau 9 siswa, dan pada siklus II 95,45% atau 21 siswa. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Puisi Satire, Media Poster en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SATIRE MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BULUSPESANTREN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account