Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimen Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Prestasi Belajar pada Materi Bangun Datar ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kepil Tahun Pelajaran 2016/ 2017

Show simple item record

dc.contributor.author Fikri, Ahsanul
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:50:09Z
dc.date.available 2018-02-10T02:50:09Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1952
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran CTL dapat memberikan prestasi yang lebih baik daripada pembelajaran Ceramah terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui apakah prestasi belajar dengan gaya belajar kinestetik lebih baik daripada gaya belajar visual dan prestasi belajar dengan gaya belajar visual lebih baik daripada auditorial pada materi bangun datar siswa kelas VII SMP N 1 Kepil Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII semester II SMP N 1 Kepil tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Kepil tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII B dengan 26 siswa dikenai Ceramah sebagai kelas kontrol dan kelas VII D dengan 27 siswa dikenai CTL sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar dan tes prestasi belajar. Uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama dilanjutkan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) Model CTL memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada menggunakan metode Ceramah. (2) Prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial. (3) Pembelajaran dengan model CTL memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada menggunakan metode Ceramah pada siswa dengan gaya belajar visual. (4) Pembelajaran dengan model CTL memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada menggunakan metode Ceramah pada siswa dengan gaya belajar auditorial. (5) Pembelajaran dengan model CTL memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada menggunakan metode Ceramah pada siswa dengan gaya belajar kinestetik. (6) Ketika menggunakan model CTL, prestasi belajar dengan gaya belajar kinestetik memberikan prestasi lebih baik dengan gaya belajar visual dan auditorial, serta prestasi belajar dengan gaya belajar visual lebih baik dari prestasi belajar dengan gaya belajar auditorial. (7) Ketika menggunakan metode Ceramah, prestasi belajar dengan gaya belajar visual memberikan prestasi lebih baik dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik, serta prestasi belajar dengan gaya belajar kinestetik lebih baik dari prestasi belajar dengan gaya belajar auditorial en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject CTL, Prestasi Belajar, Gaya Belajar en_US
dc.title Eksperimen Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Prestasi Belajar pada Materi Bangun Datar ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kepil Tahun Pelajaran 2016/ 2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account