Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Alvianti, Aprilia
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:50:16Z
dc.date.available 2018-02-10T02:50:16Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1953
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dengan media audio visual pada siswa kelas X TN 2 SMK Negeri 1 Kebumen; (2) pengaruh media audio visual terhadap minat siswa dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dengan media audio visual pada siswa kelas X TN 2 SMK Negeri 1 Kebumen; dan (3) peningkatan kemampuan menulis teks prosedur kompleks dengan media audio visual pada siswa kelas X TN 2 SMK Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II yang dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kebumen tahun 2016/2017 sebanyak 40 siswa. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik tes berupa tes tertulis menulis teks prosedur kompleks, sedangkan nontes meliputi teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes. Dalam analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Penulis mengecek keabsahan data, menggunakan teknik validitas data melalui triangulasi. Dalam penyajian analisis data digunakan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dengan media audio visual meliputi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa, guru menayangkan video, siswa mencatat poin-poin penting (cara kerja/prosedur) pada video tersebut, siswa mengembangkan poin-poin (cara kerja/prosedur) tersebut menjadi teks prosedur kompleks, dan guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan; (2) pengaruh media audio visual terhadap minat siswa sangat baik dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks. Hal ini terbukti dari rata-rata persentase minat siswa yang diperoleh pada tahap prasiklus sebesar 54,87%. Setelah diterapkannya media audio visual, minat siswa meningkat menjadi 63,87% dan meningkat lagi menjadi 76,5% pada siklus II; dan (3) peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Pada tahap prasiklus nilai diperoleh siswa sebesar 66,54, pada siklus I meningkat menjadi 69,97 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 85,1. Dengan demikian, media audio visual dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks prosdesur kompleks. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject kemampuan menulis, teks prosedur kompleks, media audio visual en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account