Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Lufitaningrum, Linda
dc.date.accessioned 2018-02-10T02:58:39Z
dc.date.available 2018-02-10T02:58:39Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1956
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 25 Purworejo, 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas VII B SMP Negeri 25 Purworejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP N 25 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) yang terdiri dari empat tahapan yaitu Formulate, Share, Listen dan Create. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan komunikasi matematis siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 5 metode, yaitu observasi, tes, wawancara tidak terstruktur, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini secara kualitatif menunjukan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, penggunaan LKS membantu siswa menyelesaikan permasalahan matematika, dan siswa lebih berani mengungkapkan ide atau gagasannya baik secara lisan maupun tertulis. Sedangkan hasil penelitian secara kuantitatif pembelajaran dengan model kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) dapat meningkatkan 1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yakni pada siklus I mencapai 60,36% dan siklus II mencapai 76,75%, 2) kemampuan komunikasi matematis lisan siswa yakni pada siklus I mencapai 61,64% dan siklus II mencapai 77,61%, 3) kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yakni pada siklus I mencapai 60,47% dan siklus II mencapai 76,04%. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi matematis, model Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account