Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Elektronik dengan Pendekatan Saintifik atau Observation Based Learning pada Materi Perbandingan untuk Siswa SMP Kelas VIII

Show simple item record

dc.contributor.author Burhan, Sohibul
dc.date.accessioned 2018-02-10T03:23:00Z
dc.date.available 2018-02-10T03:23:00Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1963
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) melaksanakan pengembangan lembar kegiatan siswa elektronik dengan pendekatan saintifik atau observation based learning pada materi perbandingan untuk Siswa SMP kelas VIII, (2) mengetahui kelayakan lembar kegiatan siswa elektronik dengan pendekatan saintifik atau observation based learning pada materi perbandingan untuk Siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yakni mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa Elektronik dengan Pendekatan Saintifik atau Observation Based Learning pada Materi Perbandingan untuk Siswa SMP Kelas VIII. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A – VIII D SMP Negeri 1 Bonorowo semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Proses pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah penelitian model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Berdasarkan analisis terhadap seluruh data yang didapat dari penelitian pada uji coba tersebut diperoleh bahwa (1) LKS elektronik yang telah dikembangkan memperoleh skror rata-rata 3,34 dalam kriteria valid; (2) dari segi kepratisan LKS elektronik dengan perolehan presentase 86,67% pada kriteria sangat positif digunakan untuk siswa SMP kelas VIII; dan (3) LKS elektronik tidak efektif dengan ketuntasan yang diperoleh sebesar 42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS elektronik yang telah dikembangkan tidak layak. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject pengembangan, LKS elektronik, saintifik atau Observation Based Learning (OBL) en_US
dc.title Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Elektronik dengan Pendekatan Saintifik atau Observation Based Learning pada Materi Perbandingan untuk Siswa SMP Kelas VIII en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account