dc.contributor.author |
Burhan, Sohibul |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-10T03:23:00Z |
|
dc.date.available |
2018-02-10T03:23:00Z |
|
dc.date.issued |
2017 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1963 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) melaksanakan pengembangan lembar
kegiatan siswa elektronik dengan pendekatan saintifik atau observation based
learning pada materi perbandingan untuk Siswa SMP kelas VIII, (2) mengetahui
kelayakan lembar kegiatan siswa elektronik dengan pendekatan saintifik atau
observation based learning pada materi perbandingan untuk Siswa SMP kelas
VIII.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and
development) yakni mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa Elektronik dengan
Pendekatan Saintifik atau Observation Based Learning pada Materi Perbandingan
untuk Siswa SMP Kelas VIII. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A –
VIII D SMP Negeri 1 Bonorowo semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.
Pengumpulan data menggunakan angket dan tes.
Proses pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah
penelitian model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation. Berdasarkan analisis terhadap seluruh data yang didapat dari
penelitian pada uji coba tersebut diperoleh bahwa (1) LKS elektronik yang telah
dikembangkan memperoleh skror rata-rata 3,34 dalam kriteria valid; (2) dari segi
kepratisan LKS elektronik dengan perolehan presentase 86,67% pada kriteria
sangat positif digunakan untuk siswa SMP kelas VIII; dan (3) LKS elektronik
tidak efektif dengan ketuntasan yang diperoleh sebesar 42%. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa LKS elektronik yang telah dikembangkan tidak layak. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika - FKIP |
en_US |
dc.subject |
pengembangan, LKS elektronik, saintifik atau Observation Based Learning (OBL) |
en_US |
dc.title |
Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Elektronik dengan Pendekatan Saintifik atau Observation Based Learning pada Materi Perbandingan untuk Siswa SMP Kelas VIII |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |