Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Samudra, Gunung Alam
dc.date.accessioned 2018-02-10T03:37:31Z
dc.date.available 2018-02-10T03:37:31Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1967
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui interpretasi penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat memunculkan komunikasi matematis lisan maupun tulisan dan (2) mengetahui kegiatan pembelajaran siswa apa saja yang dapat mengaitkan komunikasi matematis siswa yang dikenai model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Purworejo yang dikenai model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pemilihan subjek sumber data yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi teori. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa komunikasi matematis siswa secara lisan dan tulisan pada kegiatan pembelajaran yang dikenai model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terlihat pada fase 2 (dua) hingga fase 4 (empat). Komunikasi matematis lisan muncul dalam diskusi ketika: (1) siswa bertanya dan mengemukakan pendapat pada teman satu kelompoknya. (2) Siswa membaca buku teks dan buku LKS. (3) siswa menyajikan hasil diskusi. (4) Siswa menjelaskan masalah yang diberikan guru lalu diubah dalam bentuk kata-kata dan model matematika, beserta langkah penyelesaian. Sedangkan komunikasi matematis tulisan yang dapat dilihat yaitu ketika: (1) siswa menulis mengenai cara penyelesaian masalah dari pendapat siswa lain pada saat diskusi berlangsung. (2) Siswa menuliskan model matematika dan penyelesaian masalah. Dari penelitian ini juga dapat dilihat bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu mengaitkan komunikasi matematis siswa dengan kegiatan pembelajarannya yang memuat aktifitas belajar berupa diskusi, penyajian hasil diskusi, tanya jawab, dan berpendapat dengan argumen pribadi. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), komunikasi matematis lisan dan tulisan. en_US
dc.title Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account