dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi terhadap prestasi belajar matematika, (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP/MTs se-Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, metode dokumentasi dan metode observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP/MTs se-Kecamatan Gombong yang berjumlah 631 siswa yang diambil dari tiga sekolahan dengan peringkat baik, sedang dan kurang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate stratified random sampling. Sampel penelitian berjumlah 63 siswa, diambil 10% dari tiap-tiap sekolah. Data yang diperoleh dari angket dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji linearitas dan uji keberartian dengan uji-F.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Ada pengaruh persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP/MTs se-Kecamatan Gombong tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis korelasi pada dengan nilai koefisien korelasi sebesar robs = 0,569 > rtabel = 0,248, (2) Besar pengaruh persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP/MTs se-Kecamatan Gombong tahun pelajaran 2015/2016 adalah sebesar 32,37 % ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 0,3237. |
en_US |