Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Think Talk Write (TTW) terhadap Komunikasi Matematis dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.date.accessioned 2018-02-10T03:53:02Z
dc.date.available 2018-02-10T03:53:02Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1973
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah komunikasi matematis siswa dan prestasi belajar matematika siswa yang diberi model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik dari siswa yang diberi model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan (2) keefektifan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Desain peneitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental semu (quasi experimental). Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes uraian yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas bivariat dan uji homogenitas menggunakan metode Box M’s Test pada taraf signifikansi 0,05. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t multivariat dilanjutkan uji univariat dan uji keefektifan. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t multivariat menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran Learning Cycle 5E dan model pembelajaran TTW. Dari hasil uji univariat dapat disimpulkan bahwa komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa yang diberi model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik dari model pembelajaran TTW. Hasil uji keefektifan dengan uji-t menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif diterapkan pada prestasi belajar dan tidak efektif untuk mengembangkan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject learning cycle 5E, think talk write, komunikasi matematis en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Think Talk Write (TTW) terhadap Komunikasi Matematis dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account