Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan antara Prestasi Belajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran dan Micro Teaching dengan Nilai Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2015

Show simple item record

dc.contributor.author Listyaningsih
dc.date.accessioned 2018-02-10T04:03:21Z
dc.date.available 2018-02-10T04:03:21Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1977
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar mata kuliah Strategi Pembelajaran, Micro Teaching dan nilai PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Selain itu juga untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar Strategi Pembelajaran dengan nilai PPL, prestasi belajar Micro Teaching dengan nilai PPL dan hubungan keduanya secara bersama-sama dengan nilai PPL. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo angkatan tahun 2012. Peneliti mengambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas C dan D dengan 67 mahasiswa menggunakan teknik ClusterSampling dan pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi dan regresi serta menggunakan uji signifikansi berupa Uji-F. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar Strategi Pembelajaran mempunyai kategori tinggi sebanyak 23,8% dan sisanya masuk dalam kategori cukup dan prestasi belajar Micro Teaching menunjukkan kategori tinggi sebanyak 77,6% dan kategori cukup 22,38% serta nilai PPL 100% dalam kategori tinggi. Untuk analisis kuantitatif diperoleh ada hubungan yang positif dan tidak signifikan antara prestasi belajar Strategi Pembelajaran dengan nilai PPL dan prestasi belajar Micro Teaching dengan nilai PPL. Kemudian hubungan antara prestasi belajar keduanya secara bersama-sama dengan nilai PPL adalah hubungan yang positif dan signifikan. Hal ini berarti apabila prestasi belajar mata kuliah mengalami kenaikan, maka nilai PPL juga demikian. Sehingga pemahaman dalam pelaksanaan kedua mata kuliah di atas menjadi salah satu hal yang mempengaruhi hasil nilai PPL. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran, Micro Teaching, nilai PPL en_US
dc.title Hubungan antara Prestasi Belajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran dan Micro Teaching dengan Nilai Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2015 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account