Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe pair checks ditinjau dari kemandirian terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 3 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2016/1017

Show simple item record

dc.contributor.author Hastuti, Sena Dwi
dc.date.accessioned 2018-02-10T04:04:49Z
dc.date.available 2018-02-10T04:04:49Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1978
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah (1) prestasi pada model pembelajaran Pair Checks lebih baik daripada model ekspositori. (2) prestasi pada kemandirian tinggi lebih baik daripada sedang, sedang lebih baik daripada rendah dan tinggi lebih baik daripada rendah. (3) prestasi pada model pembelajaran Pair Checks dengan kemandirian tinggi lebih baik daripada kemandirian sedang, sedang lebih baik daripada kemandirian rendah dan tinggi lebih baik daripada rendah. (4) prestasi pada model pembelajaran ekspositori dengan kemandirian tinggi lebih baik daripada kemandirian sedang, sedang lebih baik daripada kemandirian rendah dan tinggi lebih baik daripada rendah. (5) prestasi pada kemandirian tinggi dengan siswa yang dikenai model pembelajaran Pair Checks lebih baik daripada model ekspositori (6) prestasi pada kemandirian sedang dengan siswa yang dikenai model pembelajaran Pair Checks lebih baik daripada model ekspositori (7) prestasi pada kemandirian rendah dengan siswa yang dikenai model pembelajaran Pair Checks lebih baik daripada model ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun tahun pelajaran 2016/2017, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilliefors, uji homogenitas dengan uji Bartlett dan uji hipotesis dengan uji anava dua jalan dengan sel tak ama. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) prestasi pada model pembelajaran Pair Checks lebih baik daripada model ekspositori. (2) prestasi pada kemandirian tinggi sama dengan sedang, sedang lebih baik daripada rendah dan tinggi lebih baik daripada rendah. (3) prestasi pada model pembelajaran Pair Checks dengan kemandirian tinggi sama dengan kemandirian sedang, sedang lebih baik daripada rendah dan tinggi lebih baik daripada rendah. (4) prestasi pada model ekspositori dengan kemandirian tinggi sama dengan kemandirian sedang, sedang lebih baik daripada rendah dan tinggi lebih baik daripada rendah. (5) prestasi pada kemandirian tinggi dengan siswa yang dikenai model Pair Checks lebih baik daripada model ekspositori (6) prestasi pada kemandirian sedang pada siswa yang dikenai model Pair Checks lebih baik daripada model ekspositori (7) prestasi pada kemandirian rendah pada siswa yang dikenai model Pair Checks lebih baik daripada model ekspositori. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Pair Checks, Ekspositori, Kemandirian, Prestasi en_US
dc.title Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe pair checks ditinjau dari kemandirian terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 3 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2016/1017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account