Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL IBUK, KARYA IWAN SETYAWAN DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Mulyono, Bayu Duwi
dc.date.accessioned 2018-02-10T04:06:01Z
dc.date.available 2018-02-10T04:06:01Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1979
dc.description.abstract Tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) mendeskripsikan aspek-aspek sosial yang terdapat dalam novel Ibuk, karya Iwan Setyawan dan (2) mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran sastra di SMA, khususnya aspek-aspek sosial yang terdapat dalam novel Ibuk, karya Iwan Setyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah aspek-aspek sosial yang terdapat dalam novel Ibuk. Fokus penelitian berupa aspek kekerabatan, aspek ekonomi, aspek pendidikan, dan aspek cinta kasih di dalam novel Ibuk, pada siswa SMA. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam novel Ibuk, adalah teknik analisis isi (Content Analysis). Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) aspek-aspek sosial novel Ibuk, karya Iwan Setyawan meliputi; (a) aspek kekerabatan ditunjukkan dengan sikap Bapak dan Ibuk yang sangat erat hubungannya dengan anak-anaknya, (b) aspek ekonomi terlihat pada keluarga Ibuk yang menikah dengan Bapak yang sama-sama berasal dari golongan ekonomi bawah. Peralihan golongan ekonomi terlihat setelah Bayek bekerja di Amerika, Bayek mampu membantu keluarganya dari segi materi, (c) aspek pendidikan terlihat pada perjuangan Ibuk dan Bapak untuk menyekolahkan anak-anaknya setinggi mungkin. Ibuk dan Bapak tidak ingin nasib anak-anaknya seperti mereka berdua yang berpendidikan rendah. Usaha Ibuk dan Bapak membuahkan hasil yang memuaskan, Bayek dan saudara-saudaranya mampu melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi, dan (d) aspek cinta kasih terlihat pada cinta kasih dari orang tua terhadap anak-anaknya. Ibuk dan Bapak berjuang sekuat mungkin untuk membahagiakan dan mewujudkan impian anak-anaknya, dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Ibuk, dalam pembelajaran sastra di SMA, meliputi: standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan media, nilai-nilai karkater bangsa dan penilaian. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject aspek sosial, novel Ibuk, rencana pelaksanaan pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL IBUK, KARYA IWAN SETYAWAN DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account