Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kreativitas Matematis Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Poncowarno Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Alfiyanti, Desi
dc.date.accessioned 2018-02-10T04:22:37Z
dc.date.available 2018-02-10T04:22:37Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1989
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran Treffinger berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir (aptitude) kreatif matematis pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Poncowarno tahun pelajaran 2015/2016; dan (2) bagaimana sikap (non-aptitude) kreatif matematis siswa selama siswa dikenai model pembelajaran Treffinger. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII A-G SMP Negeri 1 Poncowarno tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B SMP Negeri 1 Poncowarno yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir (aptitude) kreatif matematis siswa dan lembar observasi sikap kreatif matematis siswa yang masing-masing telah memenuhi syarat validitas, serta pedoman wawancara pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap sikap kreatif matematis siswa. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk sampel tidak terpisah dan analisis kualitatif dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman. Dari hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran Treffinger dapat berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir (aptitude) kretif matematis siswa; dan (2) dengan tiga komponen model pembelajaran Treffinger empat sikap (non-aptitude) kreatif matematis siswa telah muncul, karena pada komponen pertama model pembelajaran Treffinger (Understanding Challange) sikap apresiasi estetik telah terlihat, pada komponen kedua model pembelajaran Treffinger (Generating Ideas) sikap ulet dan mandiri juga sebagian siswa telah terlihat, serta pada komponen ketiga model pembelajaran Treffinger (Preparing For Action) sikap percaya diri siswa sebagian besar telah terlihat. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject model pembelajaran Treffinger, kemampuan berpikir (aptitude) kreatif matematis, sikap kreatif (non-aptitude) matematis, uji-t untuk sampel tidak terpisah en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kreativitas Matematis Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Poncowarno Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account