Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM DENGAN METODE PELATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Mujianto
dc.date.accessioned 2018-02-10T06:06:05Z
dc.date.available 2018-02-10T06:06:05Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1999
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis puisi keindahan alam dengan metode pelatihan terbimbing, (2) mendeskripsikan peningkatan akademik siswa dengan metode pelatihan terbimbing, (3) mendeskripsikan peningkatan motivasi siswa dengan metode pelatihan terbimbing, dan (4) mendeskripsikan peningkatan kualitas produk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pelatihan terbimbing. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi, dan melalui dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 26 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes terdiri dari tes kemampuan menulis puisi keindahan alam dari tahap prasiklus sampai dengan siklus II. Teknik nontes terdiri dari angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Data dianalisis dengan teknik analisis deskripsi dan kuantitatif. Penyajian data hasil penelitian menggunakan teknik informal. Kriteria keberhasilan yang dicapai berdasarkan keberhasilan proses dan produk. Analisis deskriptif dan kuantitatif menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran menulis puisi keindahan alam dengan metode pelatihan terbimbing, (2) peningkatan akademik siswa dapat diketahui berupa nilai rata-rata siswa meningkat dari prasiklus 63,5, siklus I 76,3, dan siklus II 81,1, (3) peningkatan motivasi siswa yang aktif dalam proses pembelajaran prasiklus 11 siswa, siklus I 26 siswa, dan siklus II 28 siswa, (4) peningkatan kualitas produk dapat diketahui melalui peningkatan aspek jumlah larik yang ditulis, tema yang memerlukan kreativitas, penggunaan pilihan kata, dan rima yang menarik. Aspek yang meningkat dari prasiklus jumlah larik naik 2,5. Tema dengan memerlukan kreativitas naik 1,4 penggunaan pilihan kata dan rima yang menarik naik 1,2. Peningkatan skor pada tahap siklus 2 untuk jumlah larik dari siklus 1 naik 1,8. Tema yang memerlukan kreativitas meningkat 0,2 atau menjadi 12,7. Penggunaan pilihan kata pada siklus 1 rata-rata skor 16,3 menjadi 16,9 atau naik 0,6. Dengan demikian hasil tes tersebut dapat diketahui secara umum metode pelatihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi keindahan alam dan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis puisi, keindahan alam, metode pelatihan terbimbing en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM DENGAN METODE PELATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account