Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimen Model Pembelajaran TS-TS Dan NHT Ditinjau Dari Multiple Intelligences Terhadap Pemahaman Konsep Materi Trigonometri Siswa Kelas X Pemasaran SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author A'yun, Qurrotul
dc.date.accessioned 2018-02-10T06:15:31Z
dc.date.available 2018-02-10T06:15:31Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2000
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TSTS memberikan pemahaman konsep yang lebih baik daripada model pembelajaran NHT ditinjau dari multiple intelligences pada materi trigonometri siswa kelas X Pemasaran SMK N 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X Pemasaran semester II SMK N 2 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 2 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X PM1 dan kelas X PM3. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple cluster random sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelas yang dikenai TS-TS ( X PM3) dan kelas yang dikenai NHT (X PM1). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket multiple intelligences dan tes pemahaman konsep. Uji hipotesis menggunakan uji analisis vairiansi dua jalan sel tak sama dilanjutkan uji komparasi ganda dengan metode scheffe. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) tidak ada perbedaan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran TS-TS maupun model pembelajaran NHT. (2) tidak ada perbedaan pemahaman konsep siswa dengan kecerdasan logis matematis dan siswa dengan kecerdasan linguistik, pemahaman konsep siswa dengan kecerdasan logis matematis lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan interpersonal, dan pemahaman konsep siswa dengan kecerdasan linguistik lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan interpersonal. (3) pada model pembelajaran TS-TS, tidak ada perbedaan pemahaman konsep siswa dengan kecerdasan logis matematis dan siswa dengan kecerdasan linguistik dan pemahaman konsep siswa dengan kecerdasan logis matematis maupun kecerdasan linguistik lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan interpersonal. (4) pada model pembelajaran NHT, tidak ada perbedaan pemahaman konsep siswa dengan kecerdasan logis matematis dan siswa dengan kecerdasan linguistik dan pemahaman konsep siswa dengan kecerdasan logis matematis maupun kecerdasan linguistik lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan interpersonal. (5) Pada siswa dengan kecerdasan logis matematis, tidak ada perbedaan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran TS-TS maupun model pembelajaran NHT. (6) Pada siswa dengan kecerdasan linguistik, tidak ada perbedaan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran TS-TS maupun model pembelajaran NHT. (7) Pada siswa dengan kecerdasan interpersonal, tidak ada perbedaan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran TS-TS maupun model pembelajaran NHT. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject TS-TS, NHT, Pemahaman konsep, Multiple intelligences en_US
dc.title Eksperimen Model Pembelajaran TS-TS Dan NHT Ditinjau Dari Multiple Intelligences Terhadap Pemahaman Konsep Materi Trigonometri Siswa Kelas X Pemasaran SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account