Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Menggunakan Powerpoint pada Materi Peluang untuk Siswa SMK

Show simple item record

dc.contributor.author Ariyani, Dina
dc.date.accessioned 2018-02-10T06:23:28Z
dc.date.available 2018-02-10T06:23:28Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2002
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis multiple intelligences dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multiple intelligences. Model yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran ini adalah model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap pengembangan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah guru matematika, siswa kelas XI TKR A, dan siswa kelas XI API SMK Negeri 4 Purworejo. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) lembar evaluasi ahli media, (2) lembar evaluasi ahli materi, (3) angket respon guru, (4) angket respon siswa, dan (5) soal tes materi peluang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan melakukan observasi, lembar evaluasi, angket, dan tes. Sedangkan metode yang digunakan untuk menguji coba media pembelajaran ini menggunakan metode eksperimen. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan media pembelajaran berbasis multiple intelligences. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan media pembelajaran berbasis multiple intelligences dikembangkan sesuai dengan 5 tahapan pada model pengembangan ADDIE dan (2) media pembelajaran berbasis multiple intelligences yang telah dikembangkan telah layak karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Dikatakan valid karena memenuhi kriteria valid dengan rerata skor 2,21 dari ahli materi dan 2,40 dari ahli media. Dikatakan praktis karena memenuhi kriteria positif dengan persentase 77,78% untuk angket respon guru dan 79,17% angket respon siswa. Dikatakan efektif karena lebih dari 80%, yakni 88,89% siswa memenuhi KKM. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject media pembelajaran, multiple intelligences, ADDIE en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Menggunakan Powerpoint pada Materi Peluang untuk Siswa SMK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account